Penerapan Media Komunikasi Digital sebagai Media Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19

Penulis

  • Ricky Firmansyah ARS University
  • Beben Kadar Solihat SMP Negeri 5 Cipongkor

DOI:

https://doi.org/10.53494/jpvr.v2i1.127

Kata Kunci:

Covid-19, komunikasi digital, media pembelajaran, WhatsApp

Abstrak

Demi mencegah penyebaran Covid-19, WHO menghimbau agar menghentikan kegiatan yang dapat menyebabkan kerumunan. Pada bidang pendidikan, pembelajaran tatap muka yang dihadiri banyak siswa dalam kelas perlu ditinjau ulang pelaksanaanya agar tidak menyebabkan kerumunan. Pelaksanaan pembelajaran online memungkinan siswa dan guru melaksanakan pembelajaran dari rumah masing-masing sehingga mengurangi kontak langsung. Siswa dapat mengakses materi pembelajaran dan mengirim tugas yang diberikan tanpa harus bertemu secara fisik. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur dimana peneliti merangkum berbagai penelitian dengan topik yang sesuai dari berbagai sumber dan bukti, baik dari hasil penelitian buku ataupun pendapat ahli. Pembelajaran daring yang dilakukan dengan menggunakan berbagai media komunikasi digital WhatsApp sebagai media pembelajaran daring dinilai kurang efektif untuk mencapai tujuan pembelajaran karena minimnya penjelasan yang komprehensif dari guru, begitu juga untuk aspek afektif dan psikomotorik. Meskipun banyak keterbatasan dari penggunaan WhatsApp, namun WhatsApp tetap menjadi pilihan guru dan orang tua dalam pembelajaran daring. Pembelajaran daring sebaiknya tidak melunturkan minat belajar siswa. Guru harus mampu memberikan tugas yang bervariasi agar siswa tidak mudah bosan. Pembelajaran daring melalui WhatsApp ini perlu dievaluasi secara menyeluruh dengan memperhatikan kapasitas guru dan kemampuan orang tua. Peningkatan sistem belajar daring memerlukan upaya serius dari semua pihak.

Referensi

Ambar, A. (2017, September 29). 15 Macam-macam Media Komunikasi – Fungsi. Dipetik April 25, 2021, dari Pakar Komunikasi: https://pakarkomunikasi.com/macam-macam-media-komunikasi

Anwar, R. K., & Rusmana, A. (2017). Komunikasi Digital Berbentuk Media Sosial Dalam Meningkatkan Kompetensi Bagi Kepala, Pustakawan, Dan Tenaga Pengelola Perpustakaan Sekolah/Madrasah Di Desa Kayuambon, Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat. Dharmakarya, 6(4).

Ardiyanti, H. (2020). Komunikasi Media Yang Efektif Pada Pandemi Covid-19. Info Singkat, 12(7), 25-31.

Habibah, R., Salsabila, U. H., Lestari, W. M., Andaresta, O., & Yulianingsih, D. (2020). Pemanfaatan Teknologi Media Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 1-13.

Hartatik, Budi. (16 Agustus 2020). Manfaat Whatsapp dalam Pembelajaran Daring. Dipetik 26 April 2021, dari Radar Semarang: https://radarsemarang.jawapos.com/rubrik/untukmu-guruku/2020/08/16/manfaat-whatsapp-dalam-pembelajaran-daring/

Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pemalang. (20 Juli 2020). WhatsApp Menjadi Tren Alternatif Media Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi. Dipetik 26 April 2021, dari Kementrian Agama Kantor Wilayah Provinsi Jawa Tengah: https://jateng.kemenag.go.id/warta/artikel/detail/whatsapp-menjadi-tren-alternatif-media-pembelajaran-jarak-jauh-di-masa-pandemi

Nur, Sabila. (30 Desember 2020. Sudah Tepatkah WhatsApp Menjadi Media Daring Pilihan Siswa Sekolah Dasar?. Dipetik 28 April 2021, dari Kumparan:https://kumparan.com/sabilanl161/sudah-tepatkah-whatsapp-menjadi-media-daring-pilihan-siswa-sekolah-dasar-1usg0d68rNb/full

Nuriansyah, F. (2020). Efektifitas Penggunaan Media Online Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Saat Awal Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Ekonomi Indonesia, 1(2).

Putri, F. A. (2021). Budaya Komunikasi Virtual Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pembelajaran Daring di UIN Walisongo Semarang). Jurnal Komunika Islamika: Jurnal Ilmu Komunikasi dan Kajian Islam, 7(2), 253-269.

Putri, A. N. A., & Irwansyah, I. (2021). EFEKTIVITAS KOMUNIKASI DALAM PEMBELAJARAAN ONLINE. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 3(1), 54-63.

Rigianti, H. A. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar Di Kabupaten Banjarnegara. Elementary School, 7 (2), 297–302.

Rohmah, N. N. M. (2020). Media Sosial Sebagai Media Alternatif Manfaat dan Pemuas Kebutuhan Informasi Masa Pandemi Global Covid 19 (Kajian Analisis Teori Uses And Gratification). Al-I'lam: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam, 4(1), 1-16.

Satin, U. (2014). Media Pendidikan, Peran dan Fungsinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Tarbawiyah, 1(1), 131-144.

Siahaan, M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan, 20(2).

Siswanto, S. (2010). Systematic review sebagai metode penelitian untuk mensintesis hasil-hasil penelitian (sebuah pengantar). Buletin Penelitian Sistem Kesehatan, 13(4), 21312.

Unduhan

Diterbitkan

2022-04-25

Cara Mengutip

Firmansyah, R., & Solihat, B. K. (2022). Penerapan Media Komunikasi Digital sebagai Media Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Vokasi Raflesia, 2(1), 29–32. https://doi.org/10.53494/jpvr.v2i1.127