Penerapan Model Pembelajaran NHT untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD pada Mata Pelajaran IPS
DOI:
https://doi.org/10.53494/jpvr.v4i1.356Kata Kunci:
Mata Pelajaran IPS, Model pembelajaran, Numbered Head TogetherAbstrak
Penelitian ini dilatar belakangi oleh keaktifan siswa serta guru yang kurang serta rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SD N Banjarsari 01. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dalam meningkatkan hasil belajar siswa, Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bersifat reflektif dengan dengan melakukan tindakan-tindakan tertentu agar dapat memperbaiki pembelajaran di kelas secara lebih profesional, Hasil penelitian menyatakan hasil belajar awal siswa, sebanyak 7 siswa bisa mencapai ketuntasan, dan sebanyak 11 siswa belum mencapai ketuntasan, adapun ketuntasan kelas sebanyak 39%. Sesudah tindakan pada siklus I sebanyak 12 siswa 12 mencapai ketuntasan dan sebanyak 6 siswa belum mencapai ketuntasan dan ketuntasan kelas sebanyak 67%. Untuk Siklus II sebanyak 17 siswa tuntas dan sebanyak 1 siswa belum mencapai ketuntasan. Adapun ketuntasan kelas sebanyak 94%. Dari perolehan data tersebut dapat diambil kesimpulan dengan penerapan model pembelajaran Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPS materi Keberagaman Budaya Bangsa di SD N Banjarsari 01.
Referensi
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
Dharma, I. P. W., Kusmariyatni, N., & Sudana, D. N. (2018). Pengaruh Model Numbered Head Together Berbasis Tri Kaya Parisudha terhadap Kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas IV SD. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 2(2), 75-85. https://doi.org/10.23887/pips.v2i2.2892
Hendracipta, Nana. (2021). Model-model pembelajaran SD. Bandung: Multi Kreasi Press
Majid, Ahmad. (2018). Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Remaja Rosda Karya Mujtahidin. (2018). Teori Belajar dan Pembelajaran. Surabaya: Pena Salsabila
Nurbaiti, N., Cenora, C. L., & Lubis, M. S. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Ppkn Menggunakan Model Numbered Heads Together (Nht) Di Kelas Iv Sd Negeri 200405 Hutaimbaru Kecamatan Padangsidimpuan Hutaimbaru. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS), 2(3), 153-161.
Nurfitria, A. R., Warsono, W., & Subroto, W. T. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Pada Mata Pelajaran Ips Terhadap Keterampilan Sosial Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 5(3), 1063-1069.
Pendy, A., & Mbagho, H. M. (2021). Model Pembelajaran Number Head Together (NHT) Pada Materi Relasi dan Fungsi. Jurnal Basicedu, 5(1), 165-177.
Persada Sudijono, Anas. (2011). Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Rusman. (2018). Model-model Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo
Suparyono, S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Nht Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas V Sd Negeri 016 Marsawa. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 2(6), 950-956.
Trianto. (2011). Model Pembelajaran Terpadu Konsep Strategi dan Implementasinya Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Widarta. (2017). Model Pembelajaran cooperative learning on project word. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Ika Kurniawati, Silvia Syeptiani, Supriadi
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.