Evaluasi Program Diklat Pemeriksaan Kinerja Berbasis Model Kirkpatrick Pada Badiklat PKN BPK RI

Penulis

  • Afifah Universitas Negeri Jakarta
  • Eliana Sari Universitas Negeri Jakarta
  • Sugiarto Universitas Negeri Jakarta

Kata Kunci:

evaluasi program diklat, diklat pemeriksaan kinerja, model evaluasi Kirkpatrick

Abstrak

Sumber Daya Manusia (SDM) dalam sebuah organisasi adalah aset  yang harus dijaga dan diperhatikan agar kinerja mereka tetap dapat sesuai dengan visi dan misi organisasi. Oleh  karena itu,organisasi perlu melakukan upaya  pengembangan kemampuan SDM berupa Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) agar kemampuan mereka tetap relevan dengan zaman. Program Pelatihan dan Pendidikan yang telah dilaksanakan oleh penyelenggara Diklat perlu untuk diketahui keefektivitasannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil evaluasi pelaksanaan program diklat Pemeriksaan Kinerja di Badiklat PKN BPK RI yang ditinjau dari persepsi peserta diklat akan penyelenggaraan diklat dan ditinjau dari aspek pembelajarannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode evaluatif. Dalam mengetahui hasil evaluasinya, peneltian ini menggunkan model evaluasi Kirkpatrick level 1 dan level 2 . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa evaluasi Kirpatrick level 1 (reaksi) sudah efektif. Peserta merasa puas dengan indikator-indikator yang dijadikan bahan evaluasi. Kemudian hasil evaluasi Kirkpatrick level 2 (pembelajaran) menunjukkan bahwa diklat yang diselenggarakan sudah cukup efektif. Terlihat peningkatan peserta baik dari segi pengetahuan maupun keterampilannya, meskipun belum terlalu signifikan peningkatan antara pre test dan post test nya.

Referensi

Ananda, R., & Tien, R. (2017). Pengantar Evaluasi Program Pendidikan. Medan: Perdana Publishing.

Arifin, Z. (2019). Evaluasi Program: Teori Dan Praktek Dalam Konteks Pendidikan Dan Non Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Basri, H., & Rusdiana. (2015). Manajemen Pendidikan dan Pelatihan. Bandung: CV Pustaka Setia.

Chaerudin, A. (2019). Manajemen Pendidikan dan Pelatihan SDM. Sukabumi: CV Jejak

Daryanto, & Bintoro. (2014). Manajemen Diklat. Yogyakarta: Gava Media.

Hudori, Sari, E., & Matin. (2018). The Influence of Compensation, Organizational Climate, and Work Commitment on the Performance of the Employees. First International Conference on Technology and Educational Science. Retrieved from http://eudl.eu/doi/10.4108/eai.21-11-2018.2282236

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) online. Retrieved from www.kbbi.web.id

Kirkpatrick, D. L. (2006). Evaluating Training Program:The Four Level. San Francisco: Berrett-Koehler Publishers.

Kirkpatrick, D. L., & Kirkpatrick, J. L. (2007). Implementing The Four Levels A Practical Guide For Effective Evaluation Of Training Programs. San Fracisco: Berrett-Koehler Publishers.

Lazwardi, D. (2017). Implementasi Evaluasi Program Pendidikan Di Tingkat Sekolah Dasar dan Menengah. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam Vol. 7 No. 2, Desember, 142-156. Retrieved from http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/idaroh/article/download/2267/1693

Muryadi, A. D. (2017). Model Evaluasi Program Dalam Penelitian Evaluasi. Jurnal Ilmiah Penjas. Vol.3 No.1. 1-16. Retrieved from http://ejournal.utp.ac.id/index.php/JIP%20/article/download/538/522

Peraturan Badan Pemeriksa Keuangan RI No. 4 Tahun 2010 Tentang Jabatan Fungsional Pemeriksa Pada Badan Pemeriksa Keuangan. (n.d.).

Sari, E., dkk. (2019). Evaluation How Could Management of School Environment Improve Organizational Citizenship Behaviors for The Environment? (Case Study at Schools for Specifics Purposes). Journal of Social Studies Education Research. Vol. 10 No. 3, 46-73. Retrieved from https://jsser.org/index.php/jsser/article/view601/368

Sari,E. (2019). Evaluating Seri Manajemen Sumber Daya Manusia: Buku 2 Pengembangan Sumber Daya Manusia: Pedoman Meningkatkan Kompetensi Pegawai Secara Tepat. Jakarta: Jayabaya University Press.

Stufflebeam, D.L, & Coryn, C.L.S. (2014). Evaluation Theory, Models and Application. San Francisco: Jossey Bass. Retrieved from https://www.google.co.id/books/edition/Evaluation_Theory_Models_and_Application/SbnlBQAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=stufflebeam&printsec=frontcover

Tantra, M.W., Sari, E., Tantri, F. (2018). Pengaruh Iklim Organisasi Dan Motivasi Kerja Terhadap Organizational Citizenship Behavior (Perilaku Keanggotaan Organisasi) Guru SMA Swasta Buddhis Se-DKI Jakarta. Jurnal Ilmiah Wahan Pendidikan, Vol. 4, No. 4 Desember, Retrieved from https://jurnal.peneliti.net/index.php/JIWP/article/view/54/45

Undang-Undang Republik Indonesia No. 15 Tahun 2014 tentang Pemeriksaan Pengelolaan dan Tanggung Jawab Keuangan Negara, Penjelasan. (n.d.).

Upriyadi, S., Widodo, & Eko, D. S. (2020). Model Diklat Calon Pustakawan Tingkat Ahli Berbasis Teori Kickpatrick. Jakarta: Perpusnas Press

Unduhan

Diterbitkan

2021-10-24

Cara Mengutip

Afifah, Sari, E., & Sugiarto. (2021). Evaluasi Program Diklat Pemeriksaan Kinerja Berbasis Model Kirkpatrick Pada Badiklat PKN BPK RI. Jurnal Pendidikan Vokasi Raflesia, 1(2), 20–31. Diambil dari http://ejournal.polraf.ac.id/index.php/JPVR/article/view/90