Penggunaan Teknik Think-Pair-Share untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Akuntansi

Penulis

  • Ema Misniar SMAN 3 Bengkulu Tengah
  • Elvi Listiani SMAN 3 Bengkulu Tengah
  • Ade Hidayat Politeknik Raflesia

Kata Kunci:

Ekonomi Akuntansi, think pair share, hasil belajar

Abstrak

Pembelajaran Kooperatif menjadi isu yang cukup populer untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menerapkan pembelajaran kooperatif dengan tipe think-pair-share pada kelas IPS di SMA yang terdiri dari 31 orang siswa dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi akuntansi. Penelitian Tindakan Kelas menjadi pilihan yang tepat pada penelitian ini, yang kemudian diterapkan dalam dua siklus. Hasilnya adalah meningkatnya keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi akuntansi.

Referensi

Arikunto, S., 2009. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi 6. Jakarta : Rineka Cipta.

Aqib, Zainal. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV. Yrama Widya.

Hadi, Soedomo. (2003). Pendidikan (Suatu Pengantar). Surakarta: UNS Press

Hidayat, A., & Ariani, D. (2021). Penggunaan Strategi Belajar Bahasa Inggris oleh Pelajar Berprestasi. Jurnal Pendidikan Vokasi Raflesia, 1(1): 8-13. http://ejournal.polraf.ac.id/index.php/JPVR/article/view/69

Lie, Anita. (2005). Cooperative Learning. Jakarta: Gramedia Widiasarana.

Lie, Anita. (2008). Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta: PT Grasindo.

Trianto. (2009). Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Unduhan

Diterbitkan

2021-10-24

Cara Mengutip

Misniar, E., Listiani, E., & Hidayat, A. (2021). Penggunaan Teknik Think-Pair-Share untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Akuntansi. Jurnal Pendidikan Vokasi Raflesia, 1(2), 32–37. Diambil dari http://ejournal.polraf.ac.id/index.php/JPVR/article/view/97