RANCANG BANGUN MESIN DOWEL GAGANG SAPU DIAMETER 20 MILIMETER MENGGUNAKAN MOTOR BENSIN 7.0 HP SEBAGAI PENGGERAK

Penulis

  • Rudi Rafli Politeknik Raflesia
  • Kostituante Politeknik Raflesia
  • Irpan Yahya Politeknik Raflesia

Kata Kunci:

Dowel Kayu, Motor Bensin 7.0 Hp

Abstrak

Penelitian ini untuk mengetahui Untuk mengetahui dan memahami proses perancangan mesin dowel gagang sapu,cara kerja mesin ,alat dan bahan pembuatan mesin dan untuk memahami cara atau proses pembuatan mesin pembuat dowel gagang sapu. Hasil penelitian dapat di simpulkan bahwa prinsip kerja dari alat ini yaitu sebagai berikut pertama motor dihidupkan, setelah dihidupkan putaran dan daya dari motor ditransmisikan oleh puli penggerak yang terdapat pada motor ke puli yang digerakkan kemudian dari puli inilah putaran dari motor diteruskan kepenyerut yang terpasang pada dudukan pisau yang dibaut pada puli. Puli ini didukung oleh dua buah bearing yang terpasang pada poros berlubang yang dibaut kencang pada sebuah siku penyangga. Poros berlubang ini juga berfungsi sebagai jalan keluarnya kayu yang sudah diserut.Mesin ini mempunyai kapasitas untuk gagang sapu diameter 20 mm,jenis kayu yang bisa di gunakan adalah jenis kayu yang mempunyai tingkat kekerasan sedang.Untuk ukuran kayu persegi sebelum melalui proses dowel adalah 25-30 mm.. Untuk membuat satu buah gagang sapu memerlukan waktu kurang lebih 1 menit dan 1 jam produksi menghasilkan kurang lebih 55 buah gagang sapu.

Referensi

Rozali M ,2018.Rancang Bangun Mesin Dowel Otomatis ( Getaran ).e print.polsri.ac.id

Ansori MM,2016.Rancang Bangun mesin dowel kayu unruk prmbuatan kayu slinder dengan diameter 10 sampai 20 mm untuk industri gagang sapu dan sangkar burung( rangka).UNS ( universitas sebelas maret ).

Ramadhan G,2018,Rancang Bangun Mesin Dowel Otomatis ( Modifikasi )e-print.polsri.ac.id

Syalendra R,2019.Rancang bangun mesin Lev.

Unduhan

Diterbitkan

2021-11-30

Cara Mengutip

Rafli, R., Kostituante, & Yahya, I. (2021). RANCANG BANGUN MESIN DOWEL GAGANG SAPU DIAMETER 20 MILIMETER MENGGUNAKAN MOTOR BENSIN 7.0 HP SEBAGAI PENGGERAK. Jurnal Teknik Mesin, 7(2), 27–33. Diambil dari http://ejournal.polraf.ac.id/index.php/JTM/article/view/107