Pembuatan Mesin Traktor Tangan Kerangka Pipa Dengan Gasoline Engine 5.5 Hp Skala Kebun

Penulis

  • Apri Setiawan Institut Teknologi Nasional

Kata Kunci:

luas lahan pertanian, traktor tangan mini, pembuatan

Abstrak

Pertanian merupakan salah satu mata pencaharian utama penduduk di Indonesia. Pada tahun 2012 luas lahan pertanian di seluruh wilayah Indonesia mencapai 25 juta hektar (BPS, 2013). Bidang pertanian tidak bisa lepas dari bantuan teknologi baik dari awal persiapan lahan hingga panen. Salah satu teknologi yang berperan penting adalah teknologi pengolahan lahannya. Namun kebanyakan petani masih menggunakan cangkul untuk mengolah lahan, karena harga alat pengolah lahan modern dan biaya perawatan yang mahal. Untuk itu perlu dibuat alat pengolahan lahan seperti traktor dengan kontruksi sederhana dan juga biaya perawatan yang murah. Tujuan dari pembuatan adalah untuk menghasilkan traktor tangan mini.

Proses pembuatan traktor tangan mini ini terlebih dahulu dimulai dari pembuatan kerangka dan handle traktor, kemudian pembuatan shaft/As, sproket, tension rod set, pully idler, penjepit roda dan pemegang bajak.

Hasil dari pembuatan diperoleh traktor tangan mini dengan spesifikasi antara lain, kerangka utama menggunakan pipa seamless 1” sch.80, kerangka handle menggunakan pipa wilded ¾“ sch.40, menggunakan motor bensin 5.5 HP, shaft/As menggunakan stainless steel Ø32 mm, pully Ø 10” dan Ø 2.4”,  sproket tipe 40B z 13, sproket tipe 40B z 26, sproket tipe 40B z 36, sabuk-V tipe B ukuran 58 cm, dan rantai menggunakan tipe nomer 428-HSB.

Unduhan

Diterbitkan

2021-06-18

Cara Mengutip

Setiawan, A. (2021). Pembuatan Mesin Traktor Tangan Kerangka Pipa Dengan Gasoline Engine 5.5 Hp Skala Kebun. Jurnal Teknik Mesin, 7(1), 1–12. Diambil dari http://ejournal.polraf.ac.id/index.php/JTM/article/view/50