RANCANG BANGUN ALAT PENGIRIS BAWANG KAPASITAS 10-15 KG/JAM

Penulis

  • Pandio Bermano Politeknik Raflesia
  • Hamsapari Politeknik Raflesia
  • Bayu Putra Irawan Politeknik Raflesia

Abstrak

Bawang merah merupakan tanaman yang memiliki banyak manfaat dan dikonsumsi oleh masyarakat. Melihat keadaan seperti ini perlu adanya pengembangan teknologi yang dapat digunakan pada saat proses pengirisan bawang merah agar bawang merah yang diiris dapat dihasilkan secara cepat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat alat pengiris bawang merah yang terjangkau bagi industri skala rumah tangga dengan menggunakan skala efisiensi waktu dalam kapasitas 10-15 kg/jam.

Untuk itu perlu menganalisis efisiensi waktu dalam rancang bangun alat pengiris bawang merah dengan menggunakan studi literatur observasi, selajutnya membuat desain gambar kemudian merancang alat dan proses mulai dari pengerjaan sampai finishing. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa selama proses pembuatan alat pengiris bawang ini dengan hasil irisan berat bawang sebesar 2,87 kg dengan waktu 2,85 menit. Sehingga pengirisan bawang dengan menggunakan mesin lebih efisien daripada manual.

Unduhan

Diterbitkan

2021-06-18

Cara Mengutip

Bermano, P., Hamsapari, & Irawan, B. P. . (2021). RANCANG BANGUN ALAT PENGIRIS BAWANG KAPASITAS 10-15 KG/JAM. Jurnal Teknik Mesin, 7(1), 21–30. Diambil dari http://ejournal.polraf.ac.id/index.php/JTM/article/view/68