Perencanaan Sistem Penyediaan Air Bersih Di Transad Kecamatan Bermani Ulu Raya Kabupaten Rejang Lebong

Penulis

  • syaflenedi Politeknik Raflesia
  • suko bakti Politeknik Raflesia

Kata Kunci:

perencanaan, sistem, penyediaan, air, bersih

Abstrak

Permasalahan yang dikaji dalam perencanaan sistem penyediaan air bersih di desa transad kecamatan bermani ulu raya kabupaten rejang lebong ini yaitu bertujuan memanfaatan sumber mata air gunung yang belum dioptimalkan oleh masyarakat. Untuk kebutuhan sehari-hari masyarakat menggunakan sumur yang ada, pada musim kemarau, air sumur menjadi kering dan sebagian masyarakat harus membeli air didepot air.

Sistem penyediaan air bersih di Desa Transad direncanakan untuk memenuhi kebutuhan hingga tahun 2025. Proyeksi jumlah penduduk rencana dilakukan menggunakan analisis untuk memprediksi jumlah kebutuhan air bersih. Hasil survey dan analisis menunjukkan bahwa jumlah pertumbuhan penduduk Desa Transad hingga tahun rencana 2025 adalah ±2095 jiwa.

Dalam perencanaan ini sumber air berasal dari mata air Gunung dengan debit sebesar ± 1,8 liter/detik, lebih besar dari debit kebutuhan air. Dengan demikian kebutuhan air di Desa Transad dapat terpenuhi.

Unduhan

Diterbitkan

2021-05-31

Cara Mengutip

syaflenedi, & bakti, suko. (2021). Perencanaan Sistem Penyediaan Air Bersih Di Transad Kecamatan Bermani Ulu Raya Kabupaten Rejang Lebong. STATIKA: Jurnal Teknik Sipil, 7(1), 21–32. Diambil dari http://ejournal.polraf.ac.id/index.php/JTS/article/view/85