PENGARUH PERTUMBUHAN ASET DAN PERTUMBUHAN PENJUALAN TERHADAP STRUKTUR MODAL PERUSAHAAN SEKTOR KONSUMSI PRIMER

Penulis

  • Khoirunnisa Azzahra Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.53494/jira.v8i2.177

Kata Kunci:

Asset Growth, Sales Growth, Capital Structure

Abstrak

Capital structure is an important factor to be analyzed by investors as a material consideration in making investment decisions in order to obtain the expected return. This study aims to analyze and obtain empirical evidence of the effect of asset growth and sales growth on the capital structure of primary consumer companies listed on the Indonesia Stock Exchange in 2016-2020. This research is a quantitative study using a descriptive method, the data used is secondary data in the form of financial statements that contain numbers are then tested and describe or provide an overview of these results. The sample selection in this study used a purposive sampling technique. The data analysis method used is panel data regression processed using Eviews version 9. The population used in this study are primary consumer companies listed on the Indonesia Stock Exchange in 2016 – 2020. The samples obtained were 51 companies with 5 years of research, the total research data obtained is 255. The results of this study indicate that asset growth has no effect on capital structure and sales growth has an influence on capital structure. Simultaneously the variables of asset growth and sales growth have an influence on capital structure.

 

 

Referensi

Azzahra, K. (2020). The Influence of Intellectual Capital and Non Performing Financing To The Financial Performance of Sharia Banking In Indonesia. Jurnal Ilmiah M, 9 (2).

Fajrin, N., & Agustin, S. (2020). Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Struktur Modal. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (Jirm), 9(3).

Febriana, E., Djumahir, D., & Djawahir, A. H. (2016). Pengaruh Struktur Modal, Kebijakan Dividen, Ukuran Perusahaan, Kepemilikan Saham Manajerial Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bei Pada 2011-2013). Ekonomi Bisnis, 21(2), 163–178.

Purnomo, E., & Erawati, T. (2019). Pengaruh Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Struktur Modal Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2016). Jurnal Akuntansi Pajak Dewantara, 1(1), 1–12.

Hanafi, M. I., & Handayani, S. R. (2019). Pengaruh Struktur Modal Dan Profitabilitas Terhadap Harga Saham (Studi Pada Sektor Property Dan Real Estate Yang Terdaftar Pada Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2015- 2017). Jurnal Administrasi Bisnis (Jab), 74(1), 1–9.

Wati & Dwijosumarno (2020). Pengaruh Likuiditas, Profitabilitas Dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Struktur Modal Perusahaan Food And Beverage. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (Jirm), 9(3).

Zuhro, F., & Suwitho, S. (2016). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Aset, Dan Profitabilitas Terhadap Struktur Modal. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (Jirm), 5(5).

Maryanti, E. (2016). Analisis Profitabilitas, Pertumbuhan Perusahaan, Pertumbuhan Penjualan Dan Struktur Aktiva Terhadap Struktur Modal Pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaf. Riset Akuntansi Dan Keuangan Indonesia, 1(2), 143–151.

Marfuah, S. A., & Nurlaela, S. (2017). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Asset, Profitabilitas Dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Struktur Modal Perusahaan Cosmetics And Household Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Akuntansi Dan Pajak, 18(01).

Unduhan

Diterbitkan

2022-10-31

Cara Mengutip

Azzahra, K. (2022). PENGARUH PERTUMBUHAN ASET DAN PERTUMBUHAN PENJUALAN TERHADAP STRUKTUR MODAL PERUSAHAAN SEKTOR KONSUMSI PRIMER. Jurnal Ilmiah Raflesia Akuntansi, 8(2), 59–62. https://doi.org/10.53494/jira.v8i2.177