Pengaruh Keputusan Pendanaan, Leverage, Growth Opportunity Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderasi
DOI:
https://doi.org/10.53494/jira.v9i2.216Kata Kunci:
Keputusan Pendanaan, Leverage, Growth Opportunity, Nilai Perusahaan, ProfitabilitasAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keputusan pendanaan, Leverage, Growth Opportunity terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel moderasi pada perusahaan sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Periode waktu penelitian yang digunakan adalah 4 tahun yaitu tahun 2017-2020. Populasi penelitian ini meliputi seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2017-2020. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif kausal dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan diperoleh 15 perusahaan. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari situs Bursa Efek Indonesia. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi data panel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Keputusan Pendanaan, Leverage, Growth Opportunity secara bersama-sama berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan. Keputusan Pendanaan dan Leverage tidak berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan. Sedangkan Growth Opportunity berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan. Dan Profitabilitas tidak memoderasi Keputusan Pendanaan, Leverage dan Growth Opportunity terhadap Nilai Perusahaan.
Referensi
Antoro, Ananto D. & Hermuningsih, S. (2018). Kebijakan Deviden dan BI Rate Sebagai Pemoderasi Likuiditas, Profitabilitas dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan Perbankan. Jurnal Ekonomi Bisnis dan Manajemen Daulat Rakyat, Vol. 2 (1), DOI: https://doi.org/10.26460/mmud.v2i1.3070
Brigham, F. E., & Houston, F. J. (2010). Dasar-dasar Manajemen Keuangan (Essentials of Financial Management). Jakarta: Salemba Empat.
Fahmi, Irham. (2015). Pengantar Manajemen & Keuangan. Bandung: CV Alfabeta.
Fitriana, Nur L. & Purwohandoko. (2021). Pengaruh Leverage, Likuiditas, dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan pada Airlines Company Listed IDX 2011-2020). Jurnal Ilmu Manajemen, Vol. 10 (1), 39-50.
Hamidjaja, B. C., & Natsir , K. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Aneka Industri. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, Vol. 1 (4), 853-861,
Hartono, J. (2018). Metodologi Penelitian Bisnis. Yogyakarta: BPFE UGM.
Hermanto, B., & Agung, M. (2015). Analisa Laporan Keuangan. Jakarta: Lentera Ilmu Cendekia.
Ichsan, R. (2015). “Teori Keagenan (Agency Theory).” https://bungrandhy.wordpress.com/2013/01/12/teori-keagenan-agencytheory/
Indrayani, N. K., Endiana, I. D. M., & Pramesti, I. G. A. A. (2021). Pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas, kebijakan dividen, akuntansi lingkungan, Leverage dan likuiditas terhadap nilai perusahaan. Jurnal Kharisma, 3(1), 52–62.
Johan, R. S., & Septariani, D. (2020). Pengaruh Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Farmasi Yang Terdaftar di BEI Periode 2014 - 2018. JABE (Journal of Applied Business and Economic), 7 (2), 261–270. https://doi.org/10.30998/jabe.v7i2.7656
Jufrizen, J., & Al Fatin, I. N. (2020). Pengaruh Debt To Equity Ratio, Return On Equity, Return On Assets Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Farmasi. Jurnal Humaniora, 4 (1), 183–195.
Karnadi, E. B. (2017). Panduan Eviews Untuk Ekonometrika Dasar. Jakarta: Grasindo.
Khotimah, Siti. (2021). Analisis Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Kompas 100 Periode 2014-2017. BISECER (Business Economic Entrepreneurship), III (02), 68–89.
Krisnando, Z., Musril & Jaswandi, S. (2019). Pengaruh Profitabilitas, Leverage dan Growth Opportunity Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Struktur Modal Sebagai Variabel Intervening (Pada Perusahaan Sub Sektor Perkebunan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2013 – 2018). http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/22516/1/S02M-21043%20Guna%20Warasatma.pdf
Liana, Lie. (2009). Penggunaan MRA dengan Spss untuk Menguji Pengaruh Variabel Moderating terhadap Hubungan antara Variabel Independen dan Variabel Dependen. Dinamik, Vol. 14 (2). https://scholar.google.co.id/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=S9q8uWMAAAAJ&citation_for_view=S9q8uWMAAAAJ:u5HHmVD_uO8C
Mardiati, Umi, Ahmad N. G. & Ria, P. (2012). Pengaruh Kebijakan Dividen, Kebijakan Hutang Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2005-2010. J urnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI), Vol. 3, No.1.
Masduqi, M. A. (2019). Pengaruh Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan, dan Kebijakan Deviden Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Perusahaan Properti dan Real Estate yang Terdaftar di BEI Tahun 2016-2018. Surakarta: Skripsi – Univ. Muhammadiyah Surakarta.
Mesrawati, Clairine & Benua, Katrynie M. A. J. (2021). Pengaruh Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan, dan Kebijakan Deviden Terhadap Nilai Perusahaan Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2018. 15 (1), 157–165.
Muttaqin, Z., Fitriyani, A., Ridho, T. K., & Nugraha, D. P. (2019). Analisis Good Corporate Governance, Leverage Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderasi. Tirtayasa Ekonomika, 14 (2), 293–309.
Novari, Milkhy P. & Lestari, Putu V. (2016). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan pada Sektor Properti dan Real Estate. E-Journal Manajemen Unud, Vol 5 (9), 5671-5694.
Nugroho, W. C., Abdani, F. (2017). Pengaruh Profitabilitas, Deviden Policy, Leverage, dan Keputusan Investasi Terhadap Nilai Perusahaan Konstruksi di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Akuntansi El-Muhasaba, Vol. 8 (1), https://doi.org/10.18860/em.v8i1.4965
Oktavia, Dzikra N. M. N. (2020). Pengaruh Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan, dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan Pada Sektor Aneka Industri Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2018. Jurnal Computech & Bisnis, 14(1), 1–9.
Prasetyo, F. E., Swandari, F. & Dewi, D. M. (2016). Pengaruh Profitabilitas, Pajak dan Growth Opportunity Terhadap Nilai Perusahaan Melalui Struktur Modal Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Wawasan Manajemen, 5(1), 51–62.
Pratama, Angga B., & Wiksuana, I. G. B. (2018). Pengaruh Firm Size Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Struktur Modal Sebagai Variabel Mediasi. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 5, 1289–1318. https://doi.org/10.24843/eeb.2018.v07.i05.p03
Pratamawati, Erlina & Suwarno, Agus E. (2015). Analisis Pengaruh Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan, Kebijakan Deviden, dan Tingkat Suku Bunga Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Periode 2008-2012. Surakarta: Skripsi – Univ. Muhammadiyah Surakarta.
Puspaningrum, Yustisia. (2014). Pengaruh Corporate Social Responsibility dan Kepemilikan Manajerial Terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderating. Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta.
Putra, B. A. I., & Sunarto, S. (2021). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, dan Kepemilikan Manajerial Terhadap Nilai Perusahaan dengan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Moderasi. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 5 (1), 149–157. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v5i1.195
Ramadhani, R., Akhmadi, & Kuswantoro, M. (2018). Pengaruh Leverage Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kebijakan Dividen Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen Tirtayasa, 2 (1), 21–42.
Riani, Isty, Kirmizi & Nazir, A. (2019). Pengaruh Leverage, Likuiditas, Perputaran Modal Kerja, dan perputaran total aset Terhadap Profitabilitas, dengan Ukuran Perusahaan Sebagai Pemoderasi, pada Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar di BEI Periode 2014-2016. https://eprints.perbanas.ac.id/7721/4/BAB%20II.pdf
Rinnaya, I. Y., Andini R.,& Oemar A. (2016). Pengaruh Profitabilitas, Rasio Aktivitas, Keputusan Pendanaan, Keputusan Investasi Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI Tahun 2010-2014). Journal Of Accounting, 2 (2), 1-18.
Rukmawanti, L.E. (2019). Pengaruh ukuran perusahaandan profitabilitas terhadap nilai perusahaan. Jurnal Manajemen Bisnis, 1(2), 158-173.
Septia, Ade W. (2015). Pengaruh Profitabilitas, Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan, dan Kebijakan Deviden Terhadap Nilai Perusahaan. Yogyakarta: Skripsi UNY.
Sudarmanto, E. dkk. (2021). Desain Penelitian Bisnis Pendekatan Kuantitatif. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.
Suroto. (2015). Pengaruh Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan, dan Kebijakan Dividen terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris pada perusahaan LQ-45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode Februari 2010 - Januari 2015. Jurnal Ilmiah UNTAG Semarang, 4 (3), 100–117.
Suryandani, Atika. (2018). Pengaruh Pertumbuhan Perusahaan, Ukuran Perusahanan, dan Keputusan Investasi Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Sektor Property dan Real Estate. Business Management Analysis Journal, 1, 49–59. https://doi.org/10.24269/iso.v3i1.236
Widodo, P. M. R. (2016). Pengaruh Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan, Dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 5 (1), 1–16. https://doi.org/10.37301/jkaa.v0i0.5122
Yanda, A. C. (2018). Pengaruh Struktur Modal, Pertumbuhan Perusahaan, Ukuran Perusahaan dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Medan: Skripsi - Universitas Sumatera Utara.
Yanti, C. Y., Budi, L. & Santoso, E. B. (2018). Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan dan Growth Opportunity Terhadap Nilai Perusahaan. E-Jurnal. Manajemen 8 (6): 3560-3589.
Website:
www.idx.co.idx diunduh September 2021.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Eko Sudarmanto, Rumanintya Lisaria Putri, Inez Novitasari Putri
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.