Pengaruh Harga Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pedagang Pada Komplek Bulian Bisnis Center (BBC) Muara Bulian
DOI:
https://doi.org/10.53494/jira.v10i1.350Kata Kunci:
Harga, Fasilitas, Kepuasan, PedagangAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga terhadap kepuasan pedagang pada komplek Bulian Bisnis Center (BBC) Muara Bulian, pengaruh fasilitas terhadap kepuasan pedagang pada komplek Bulian Bisnis Center (BBC) Muara Bulian, serta pengaruh harga dan fasilitas terhadap kepuasan pedagang pada komplek Bulian Bisnis Center (BBC) Muara Bulian.Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis pendekatan survey, sampel penelitian adalah seluruh pedagang di Komplek BBC Muara Bulian yang berjumlah 41 orang pedagang, menggunakan teknik pengumpulan data observasi, dokumentasi, dan angket. Sementara teknik analisa data meliputi analisis deskriptif, analisis regresi, serta uji prasyarat analisis.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan, jika terdapat pengaruh yang signifikan dari variabel harga dan fasilitas terhadap kepuasan pedagang pada komplek BBC Muara Bulian.Hal ini dibuktikan dengan, hasil uji t variabel harga (X1) yang menunjukkan menunjukkan nilai thitung adalah 2,256 > ttabel 1,685 dan nilai signifikansi 0,017 (sig < 0,05). Hasil uji t variabel fasilitas (X2) menunjukkan nilai thitung adalah 3,481 > ttabel 1,685 dan nilai signifikansi 0,001 (sig < 0,05). Hasil uji F atau uji simultan (uji serempak) variabel harga dan fasilitas terhadap kepuasan pedagang adalah nilai Fhitung 20,791 > Ftabel 3,24 dengan nilai signifikansi 0,000 (sig < 0,05) menunjukkan bahwa harga dan fasilitas secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pedagang. Besarnya pengaruh harga dan fasilitas terhadap kepuasaan pedagang di Komplek BBC Muara Bulian adalah sebesar 49,7%.
Referensi
Anonim.Al-Qur’an dan Terjemahnya.Jakarta:Kementerian Agama RI. 2013.
Asri Maharini, Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pengunjung Ditinjau dalam Perspektif Ekonomi Islam; Studi Kasus pada Penginapan Pondok Musafir Tulungagung, Skripsi Jurusan Ekonomi Syariah IAI Negeri Tulunggagung, Jawa Timur, 2017.
Buchari Alma, Pengantar Statistik Sosial, Bandung:Alfabeta,2014. Depdiknas, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Pusat Bahasa
Departemen Pendidikan Nasional, 2013.
Donni Juni Priansa, Perilaku Konsumen dalam Persaingan Bisnis Kontemporer, Bandung:Alfabeta, 2017.
Fajar Laksana, Manajemen Pemasaran; Pendekatan Praktis, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2010.
Fandy Tjiptono, Service, Quality & Satisfaction, Yogyakarta: Andi, 2016.
Firman Berutu, Pengaruh Lokasi dan Harga Terhadap Keputusan Pedagang Menyewa Kios (Study Kasus Perusahaan Daerah Pusat Pasar Sidikalang), Medan: Skripsi Prodi Ekonomi Islam UIN Sumatera Utara, 2017.
Fitria Salahika Salma & Ririn Tri Ratnasari, Pengaruh Kualitas Jasa Perpektif Islam Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Hotel Grand Kalimas di Surabaya, Jestt, Vol.2 No. 4 April 2015.
Franklin Book Program, Ensiklopedia Umum, Yogyakarta: Kanisius, 2010. Freddy Rangkuti, Measuring Customer Satisfaction, Jakarta: PT Gramedia
Pustaka Utama, 2014.
Ghozali Imam, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS,
Semarang: Badan Penerbitan Universitas Diponegoro, 2011
Hasbiati, Pengaruh Fasilitas dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Syariah Indonesia Kota Palopo, Skripsi Program
Studi Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAI Negeri Palopo, 2022.
Heri Sudarsono, Konsep Ekonomi Islam Suatu Pengantar, Yogyakarta:Ekonisia, 2013.
Husaini Usman, Manajemen Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2013.
Indrasari, Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan, Surabaya: Unitomo Press, 2019.
Iskandar, Metodologi Penelitian Sosial, Jakarta: Gaung Persada Press, 2009.
Ivonne Wood, Layanan Pelanggan: Cara Praktis, Murah, dan Inspiratif MemuaskanPelanggan Anda, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2009.
J Paul Peter dan Jerry C Olson, Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran, Jakarta:Salemba Empat, 2014.
Juhaya S. Praja, Ekonomi Syariah, Bandung: Pustaka Setia, 2016. Kemedikbud, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: BPPB, 2019. Kemenpan, Keputusan Menpan Nomor 63 Tahun 2003 tentang Standar
Pelayanan Publik, Jakarta: Biro Hukum, 2003.
Kuswadi, Cara Mengukur Kepuasan Konsumen, Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2014.
Marius Angipora, Dasar-Dasar Pemasaran, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2012.
Muhammad Amin Suma, Menggali Akar Menguraikan Serat Ekonomi dan Keuangan Islam, Tangerang: Kolam Publishing, 2008.
Mukhtar, Bimbingan Skripsi, Tesis, dan Artikel Ilmiah, Jakarta: Gaung Persada Press, 2010.
Pandji Anoraga, Manajemen Bisnis, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2012.
Phillip Kotler, Manajemen PemasaranEdisi 13. Alih Bahasa: Benyamin Molan, Jakarta: Erlangga, 2017.
Riant Nugroho, Kebijakan Publik di Negara-negara Berkembang, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2014.
Rizki Wahyudi, Eka Tripustikasi, Ahmad Yahya Asy-Syidqi, Teori dan Aplikasi Pendukung Penetapan Harga Produk, Yogyakarta: Deepublish Publisher, 2019.
Rozalinda, Ekonomi Islam; Teori dan Aplikasinya pada Aktifitas Ekonomi, Jakarta: Rajawali Pers, 2014.
S. Nasution, Metode Research, Jakarta: Bumi Aksara, 2011.
Saifuddin Azwar, Metode Penelitian, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2014. Samryn, Akuntansi Manajerial Suatu Pengantar, Jakarta: PT Grafindo
Persada, 2011.
Sugiyono, Statistik Untuk Penelitian, Bandung: Alfabeta, 2010.
Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik,Jakarta: Rineka Cipta, 2013.
Sumarlin, Ekonomi Islam; Sebuah Pendekatan Ekonomi Mikro Perpektif Islam, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2013.
Syofian Siregar, Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif dilengkapidengan Perhitungan manual dan aplikasi SPSS versi 17, Jakarta: Bumi Aksara, 2014.
Tatang Yuli Eko Siswono, Penelitian Pendidikan Matematika, Surabaya: Unesa University Press, 2010.
Yusuf Qardhawi, Al-Halal Wal-Haram Fil-Islam, terjemahan Abu Hana Zulkarnain, dkk,Halal Haram Dalam Islam, Jakarta: Media Eka Sarana, 2004.
Yusuf Qardhawi, Norma dan Etika Ekonomi Islam, Alih Bahasa Zainal Arifin Lc. & Dra. Dahlia Husein, Jakarta, Gema Insani Press, 1997.
Zaki Fuas Chalil, Pemerataan Distribusi Kekayaan dalam Ekonomi Islam, Yogyakarta: Erlangga, 2016.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Dini Haryati

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.