Analisis Potensi Jaringan UMKM Dalam Mendorong Kolaborasi Ekonomi Era Digital Pada masyarakat Miskin Di Sidoarjo

Penulis

  • Aditya Surya Nanda Universitas Wijaya Putra
  • Erwan Aristyanto Universitas Wijaya Putra

DOI:

https://doi.org/10.53494/jira.v10i2.591

Kata Kunci:

Kolaborasi, UMKM, Digitalisasi

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran pembangunan jaringan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam meningkatkan kolaborasi ekonomi di era digital, khususnya di kalangan masyarakat miskin di Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, di mana informan utama adalah pelaku UMKM di wilayah tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kolaborasi ekonomi berbasis digital melalui penggunaan platform WhatsApp Group mampu mendorong masyarakat miskin untuk memanfaatkan pemasaran digital dalam menjual produk mereka. Dengan adanya WhatsApp Group, pelaku UMKM tidak hanya dapat meningkatkan akses pasar, tetapi juga memperluas jangkauan konsumen tanpa harus mengeluarkan biaya pemasaran yang besar. Selain itu, mereka juga lebih mudah berbagi informasi, sumber daya, dan strategi pemasaran yang efektif. Namun, kendala yang dihadapi meliputi rendahnya literasi digital dan keterbatasan akses internet di beberapa wilayah. Oleh karena itu, penting untuk meningkatkan literasi digital, memperkuat infrastruktur internet, serta memberikan dukungan pembiayaan yang lebih inklusif bagi UMKM, khususnya yang berasal dari kalangan masyarakat miskin. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan strategi kolaborasi ekonomi berbasis digital untuk pemberdayaan masyarakat miskin.

Referensi

Abdurrohman, Afifuddin, & Anadza, H. (2020). Sinergisitas Kolaborasi Pemerintah Desa Plosorejo dengan Wisata Kampung Coklat dalam Menanggulangi Kemiskinan ( Studi Kasus Desa Plosorejo Kec . Kademangan Kab. Blitar. Jurnal Respon Publik, 14(2), 11–23.

Encup, S. (2022). INISIATIF PARTISIPASI SOSIAL DALAM MENGATASI ANAK PUTUS SEKOLAH : STUDI KASUS PADA JARINGAN KERJA DAN KOLABORASI ANTARA LEMBAGA PEMERINTAH , LSM , DAN MASYARAKAT SIPIL DI INDONESIA Encup Supriatna UIN Sunan Gunung Djati Bandung Abstrak. 17(3), 273–289.

Fachrunnisa, O. (2016). Membangun Kolaborasi Digital: Strategi Peningkatan Daya Saing UKM. 50.

Hakim, I., & Muslikhati. (2022). Model Gerakan Ekonomi Muhammadiyah Pasca Muktamar ke 47 Muhammadiyah’s Economic Movement Model Post-47th Congress. Jurnal Sinar Manajemn, 09, 325–334.

Harto, D., Pratiwi, S. R., Utomo, M. N., & Rahmawati, M. (2019). Penerapan Internet Marketing Dalam Meningkatkan Pendapatan Pada UMKM. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 3(1), 39. https://doi.org/10.30595/jppm.v3i1.3033

Judijanto, L., Rijal, S., Ahmad, M. I. S., & Harsono, I. (2024). Analisis Bibliometrik tentang Kewirausahaan Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat dalam Pembangunan Ekonomi. Jurnal Multidisiplin West Science, 3(03), 314–322. https://doi.org/10.58812/jmws.v3i03.1050

Kusumajati, T. O., Kusuma, S. E., Fridayani, J. A., Diva, M. A., & Pranatasari, F. D. (2022). Upaya Pemberdayaan Usaha Umkm Sebagai Solusi Pengentasan Kemiskinan: Praktek Pada Cu Mitra Parahita, Cu Tyas Manunggal Dan Cu Kridha Rahardja. SEMANGGI : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(02), 136–146. https://doi.org/10.38156/sjpm.v1i02.197

Marjukah, A., Prasetyo, J., & Setyabudi, A. (2021). Peran Kolaborasi Bisnis Dan Digital Marketing Terhadap Kinerja Bisnis UMKM di Masa Pandemic Covid-19. The 2nd Widyagama National Conference on Economics and Business (WNCEB 2021), Wnceb, 780–789. http://publishing-widyagama.ac.id/ejournal-v2/index.php/WNCEB/article/view/3209%0Ahttp://publishing-widyagama.ac.id/ejournal-v2/index.php/WNCEB/article/download/3209/1711

Permata, M. S., Zunaidi, A., & ... (2023). Resilien Ekonomi Umat: Tantangan dan Prospek Industri Halal Pasca Krisis Pandemi Covid-19. Proceedings of Islamic …, 02(01). https://jurnalfebi.iainkediri.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1044%0Ahttps://jurnalfebi.iainkediri.ac.id/index.php/proceedings/article/download/1044/411

Phan, D. H. B., Iyke, B. N., Sharma, S. S., & Affandi, Y. (2021). Economic policy uncertainty and financial stability–Is there a relation? Economic Modelling, 94(September 2019), 1018–1029. https://doi.org/10.1016/j.econmod.2020.02.042

Prajanti, S. D. W., Margunani, M., Rahma, Y. A., Kristanti, N. R., & Adzim, F. (2021). Kajian Strategis Pengembangan Ekonomi Kreatif Yang Inklusif Dan Berkelanjutan Di Kota Semarang. Jurnal Riptek, 15(2), 86–101. https://doi.org/10.35475/riptek.v15i2.124

Rerung, R. R. (2018). E-Commerce, Menciptakan Daya Saing Melalui Teknologi Informasi. Deepublish. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=reFUDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR7&dq=Rintho+Rante+Rerung&ots=88mUZNwu1z&sig=1OBU0KQNdWd6A-sRY49N_wDxuTI&redir_esc=y#v=onepage&q=Rintho Rante Rerung&f=false

Septiani, R. N., & Wuryani, E. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan Dan Inklusi Keuangan Terhadap Kinerja Umkm Di Sidoarjo. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 9(8), 3214. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2020.v09.i08.p16

Shu, R., Ren, S., & Zheng, Y. (2018). Building networks into discovery: The link between entrepreneur network capability and entrepreneurial opportunity discovery. Journal of Business Research, 85(71372064), 197–208. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2017.12.048

Susniwati, S., & Kurhayadi, K. (2020). Kolaborasi Tata Kelola Program BPJS Dalam Penanggulangan Defisit Program BPJS di Kota Bandung. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen …, 4(2), 349–359.

Septiani RN, Wuryani E. Pengaruh Literasi Keuangan Dan Inklusi Keuangan Terhadap Kinerja Umkm Di Sidoarjo. E-Jurnal Manaj Univ Udayana. 2020;9(8):3214.

Phan DHB, Iyke BN, Sharma SS, Affandi Y. Economic policy uncertainty and financial stability–Is there a relation? Econ Model [Internet]. 2021;94(September 2019):1018–29. Available from: https://doi.org/10.1016/j.econmod.2020.02.042

Prajanti SDW, Margunani M, Rahma YA, Kristanti NR, Adzim F. Kajian Strategis Pengembangan Ekonomi Kreatif Yang Inklusif Dan Berkelanjutan Di Kota Semarang. J Riptek. 2021;15(2):86–101.

Permata MS, Zunaidi A, ... Resilien Ekonomi Umat: Tantangan dan Prospek Industri Halal Pasca Krisis Pandemi Covid-19. Proc Islam … [Internet]. 2023;02(01). Available from: https://jurnalfebi.iainkediri.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1044%0Ahttps://jurnalfebi.iainkediri.ac.id/index.php/proceedings/article/download/1044/411

Kusumajati TO, Kusuma SE, Fridayani JA, Diva MA, Pranatasari FD. Upaya Pemberdayaan Usaha Umkm Sebagai Solusi Pengentasan Kemiskinan: Praktek Pada Cu Mitra Parahita, Cu Tyas Manunggal Dan Cu Kridha Rahardja. SEMANGGI J Pengabdi Kpd Masy. 2022;1(02):136–46.

Shu R, Ren S, Zheng Y. Building networks into discovery: The link between entrepreneur network capability and entrepreneurial opportunity discovery. J Bus Res [Internet]. 2018;85(71372064):197–208. Available from: https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2017.12.048

Encup S. INISIATIF PARTISIPASI SOSIAL DALAM MENGATASI ANAK PUTUS SEKOLAH : STUDI KASUS PADA JARINGAN KERJA DAN KOLABORASI ANTARA LEMBAGA PEMERINTAH , LSM , DAN MASYARAKAT SIPIL DI INDONESIA Encup Supriatna UIN Sunan Gunung Djati Bandung Abstrak. 2022;17(3):273–89.

Rerung RR. E-Commerce, Menciptakan Daya Saing Melalui Teknologi Informasi [Internet]. Deepublish; 2018. 206 p. Available from: https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=reFUDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR7&dq=Rintho+Rante+Rerung&ots=88mUZNwu1z&sig=1OBU0KQNdWd6A-sRY49N_wDxuTI&redir_esc=y#v=onepage&q=Rintho Rante Rerung&f=false

Fachrunnisa O. Membangun Kolaborasi Digital: Strategi Peningkatan Daya Saing UKM. 2016;50.

Marjukah A, Prasetyo J, Setyabudi A. Peran Kolaborasi Bisnis Dan Digital Marketing Terhadap Kinerja Bisnis UMKM di Masa Pandemic Covid-19. 2nd Widyagama Natl Conf Econ Bus (WNCEB 2021) [Internet]. 2021;(Wnceb):780–9. Available from: http://publishing-widyagama.ac.id/ejournal-v2/index.php/WNCEB/article/view/3209%0Ahttp://publishing-widyagama.ac.id/ejournal-v2/index.php/WNCEB/article/download/3209/1711

Abdurrohman, Afifuddin, Anadza H. Sinergisitas Kolaborasi Pemerintah Desa Plosorejo dengan Wisata Kampung Coklat dalam Menanggulangi Kemiskinan ( Studi Kasus Desa Plosorejo Kec . Kademangan Kab. Blitar. J Respon Publik. 2020;14(2):11–23.

Susniwati S, Kurhayadi K. Kolaborasi Tata Kelola Program BPJS Dalam Penanggulangan Defisit Program BPJS di Kota Bandung. J Ilm MEA (Manajemen …. 2020;4(2):349–59.

Judijanto L, Rijal S, Ahmad MIS, Harsono I. Analisis Bibliometrik tentang Kewirausahaan Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat dalam Pembangunan Ekonomi. J Multidisiplin West Sci. 2024;3(03):314–22.

Hakim I, Muslikhati. Model Gerakan Ekonomi Muhammadiyah Pasca Muktamar ke 47 Muhammadiyah’s Economic Movement Model Post-47th Congress. J Sinar manajemn. 2022;09:325–34.

Harto D, Pratiwi SR, Utomo MN, Rahmawati M. Penerapan Internet Marketing Dalam Meningkatkan Pendapatan Pada UMKM. JPPM (Jurnal Pengabdi dan Pemberdaya Masyarakat). 2019;3(1):39.

M. Indra Maulana, Eko Suyono. Pengaruh Litersi Keuangan dan Literasi Digital Terhadap Keberlanjutan BisnisPelaku UMKM Berbasis Syariah. J Ilm Ekon Islam. 2023;9(3)(03):4256–71.

Mulia F, Sulungbudi BM. Pemanfaatan Teknologi Digital Pada Umkm (Studi Penggunaan Internet Pada Ppkm Kabupaten Bandung). J Account Bus Stud. 2019;4(2):15–25.

Nur Fauziah M. Pengembangan Jaringan Usaha Dalam Perspektif Syariah Pada Umkm Kriya Kayu Untuk Menembus Pasar Ekspor. J Ekon Syariah Indones. 2022;1(1):31–41.

Achmad Pradana R, Pitaloka D, Laduni Rukmana I, Gunawan A. Manajemen Sumber Daya Manusia Berbasis Digital: Keterampilan dan Peran di Era Digital. COMSERVA Indones J Community Serv Dev. 2023;2(09):1806–17.

Moleong LJ. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.; 2016.

Unduhan

Diterbitkan

2024-10-31

Cara Mengutip

Nanda, A. S., & Aristyanto, E. . (2024). Analisis Potensi Jaringan UMKM Dalam Mendorong Kolaborasi Ekonomi Era Digital Pada masyarakat Miskin Di Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Raflesia Akuntansi, 10(2), 619–628. https://doi.org/10.53494/jira.v10i2.591