Penerapan Pajak Pertambahan Nilai 11% Dan Pendapatan Usaha Mikro Kecil Menengah Di Kota Bitung

Penulis

  • Pricilia Joice Pesak Universitas Negeri Manado
  • Michael Miran Universitas Negeri Manado
  • Ahmad Gazali Sekolah Tinggi Bisnis dan Manajemen Dua Sudara
  • Alfred Salindeho Sekolah Tinggi Bisnis dan Manajemen Dua Sudara

DOI:

https://doi.org/10.53494/jira.v10i2.659

Kata Kunci:

Value Added Tax, Income, MSME

Abstrak

The higher the VAT rate is set, the more difficult it is to get the desired income because these UMKM still use the actual selling price without adding the price before VAT, when the price after VAT is recorded, it is difficult for the buyers to know the exact price amount and most of the buyers do not pay the VAT charged and this will affect the UMKM income because the income which should be a profit but becomes a loss because it has to cover the VAT rate charged to the buyer will be deposited with the government. This study aims to test whether the application of VAT affects UMKM's income. Based on the results of hypothesis testing, it is known that the sig value is 0.004 <0.05 and the t-table is 1.701, so 3.127> 1.701, which means that the application of VAT affects the income level of a UMKM. The results showed that the application of 11% VAT affects the income level of an MSME, which means that the higher the VAT rate, the more it will affect the income of an MSME

Referensi

Chrisna Saragih, L. D., Kambey, J. P., & Bacilius, A. (2023). Analisis Dampak Implementasi Kenaikan Tarif Pajak Pertambahan Nilai (Ppn) 11% Pada Pt.Hasjrat Abadi Outlet Tondano. Jurnal Ekonomi,Kependidikan,Manajemen,Dan Akuntansi, 1(4), 22–34. https://jekma.feb-unima.com/index.php/jekma/article/view/51

Coleman, J. (1995). Teori Pilihan Rasional.

Erawati, T., & Pramelia, N. (2022). E-commerce, Inovasi, Pricing, dan Pendapatan UMKM di Masa Pandemi Covid-19. Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal, 4(5), 1449–1465. https://doi.org/10.47467/reslaj.v4i5.1046

Fadhiilah, A.F; Rachmawati, N. . (2024). APAKAH PROMOSI PENJUALAN MELALUI MEDIA SOSIAL DAN POTONGAN HARGA MEMENGARUHI NIAT BELI KONSUMEN DENGAN KENAIKAN TARIF PAJAK PENAMBAHAN NILAI SEBAGAI VARIABEL MODERASI? Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 13(1), 75–89. https://journal.budiluhur.ac.id/index.php/akeu/article/view/2415/pdf_39

Fahmi, D., & Faisal, R. (2023). Efektivitas Penerapan PPN 11 Bagi Pelaku UMKM di Kecamatan Pamulang, Tangerang Selatan. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(3), 238–249.

Julito, K.A; Ramadani, I. (2024). Pengaruh Kenaikan Pajak Pertambahan Nilai Dan Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Di Generasi Z Dalam Transaksi E-Commerce Sebagai Pemoderasi. Media Akuntansi Perpajakan, 9(1), 28–40.

Khaeria, A. N., Murthi, N. L. P. T., Triadji, T. P., & Azizah, C. Y. N. (2023). Pendapatan dan Beban. ULIL ALBAB, 2(2), 741–745.

Mahmud, M., Mahmud, N. U. H., Abdi, C., Luthfina, N., & Fatimah, A. (2023). Proses Gabungan Koagulasi-Adsorpsi Menggunakan Material Lokal Tanah Lempung Gambut dan Adsorben Gambut untuk Menyisihkan Warna dan Organik pada Limbah Cair Sasirangan. Jurnal Ilmu Lingkungan, 21(4), 839–848. https://doi.org/10.14710/jil.21.4.839-848

Maulida, F. (2023). Pengaruh Pajak Pertambahan Nilai (Ppn) Dan Harga Jual Pada Industri Sepatu Terhadap Daya Beli Konsumen. Elibrary Unikom. http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/9073

Pratiwi, Y. T., Andayani, A., & Soeparno, K. (2022). Analisis Penerapan Pajak Pertambahan Nilai (Ppn) Atas Transaksi Penjualan Barang Kena Pajak Pada Pt.Novapharin. Income, 3(2), 58–71. https://doi.org/10.38156/akuntansi.v3i2.151

Rahmah, I., Kaukab, M. E., Yuwono, W., Pascasarjana, F., Yogyakarta, U. M., & Artikel, R. (2020). PERAN PEMERINTAH DALAM MENINGKATKANPENDAPATAN UMKM. Capital, 3(2), 30–50. https://capital.stiesemarang.ac.id/index.php/capital/article/view/39

Sidiq, U., & Chori, M. (2019). METODE PENELITIAN KUALITATIF DI BIDANG PENDIDIKAN. Nata Karya.

Wesley, C., & Sitompul, G. O. (2023). Pengaruh Kebijakan Kenaikan PPN 11 Persen dan Penagihan Pajak dalam Memenuhi Kewajiban Perpajakan Pelaku Usaha. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 5(3), 1625–1642. https://doi.org/10.47467/elmal.v5i3.5711

Yani, R. E., Simandalahi, E., & Nasution, A. R. (2024). Pengaruh PPN (Pajak Pertambahan Nilai) terhadap Pendapatan Nasional. Eksis: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 15(1), 30. https://doi.org/10.33087/eksis.v15i1.424

Yudistira, E. & C. & N. (2024). Pengaruh Kenaikan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) Terhadap Pendapatan Wajib Pajak Badan Usaha di Kota Metro. Journal of Science Research, Vol4 No.3, 8090–8104.

Unduhan

Diterbitkan

2024-10-31

Cara Mengutip

Pesak, P. J., Miran, M. ., Gazali, A. ., & Salindeho, A. . (2024). Penerapan Pajak Pertambahan Nilai 11% Dan Pendapatan Usaha Mikro Kecil Menengah Di Kota Bitung. Jurnal Ilmiah Raflesia Akuntansi, 10(2), 885–892. https://doi.org/10.53494/jira.v10i2.659