Penerapan Pajak Pertambahan Nilai 11% Dan Pendapatan Usaha Mikro Kecil Menengah Di Kota Bitung
DOI:
https://doi.org/10.53494/jira.v10i2.659Kata Kunci:
Value Added Tax, Income, MSMEAbstrak
The higher the VAT rate is set, the more difficult it is to get the desired income because these UMKM still use the actual selling price without adding the price before VAT, when the price after VAT is recorded, it is difficult for the buyers to know the exact price amount and most of the buyers do not pay the VAT charged and this will affect the UMKM income because the income which should be a profit but becomes a loss because it has to cover the VAT rate charged to the buyer will be deposited with the government. This study aims to test whether the application of VAT affects UMKM's income. Based on the results of hypothesis testing, it is known that the sig value is 0.004 <0.05 and the t-table is 1.701, so 3.127> 1.701, which means that the application of VAT affects the income level of a UMKM. The results showed that the application of 11% VAT affects the income level of an MSME, which means that the higher the VAT rate, the more it will affect the income of an MSME
Referensi
Chrisna Saragih, L. D., Kambey, J. P., & Bacilius, A. (2023). Analisis Dampak Implementasi Kenaikan Tarif Pajak Pertambahan Nilai (Ppn) 11% Pada Pt.Hasjrat Abadi Outlet Tondano. Jurnal Ekonomi,Kependidikan,Manajemen,Dan Akuntansi, 1(4), 22–34. https://jekma.feb-unima.com/index.php/jekma/article/view/51
Coleman, J. (1995). Teori Pilihan Rasional.
Erawati, T., & Pramelia, N. (2022). E-commerce, Inovasi, Pricing, dan Pendapatan UMKM di Masa Pandemi Covid-19. Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal, 4(5), 1449–1465. https://doi.org/10.47467/reslaj.v4i5.1046
Fadhiilah, A.F; Rachmawati, N. . (2024). APAKAH PROMOSI PENJUALAN MELALUI MEDIA SOSIAL DAN POTONGAN HARGA MEMENGARUHI NIAT BELI KONSUMEN DENGAN KENAIKAN TARIF PAJAK PENAMBAHAN NILAI SEBAGAI VARIABEL MODERASI? Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 13(1), 75–89. https://journal.budiluhur.ac.id/index.php/akeu/article/view/2415/pdf_39
Fahmi, D., & Faisal, R. (2023). Efektivitas Penerapan PPN 11 Bagi Pelaku UMKM di Kecamatan Pamulang, Tangerang Selatan. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(3), 238–249.
Julito, K.A; Ramadani, I. (2024). Pengaruh Kenaikan Pajak Pertambahan Nilai Dan Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Di Generasi Z Dalam Transaksi E-Commerce Sebagai Pemoderasi. Media Akuntansi Perpajakan, 9(1), 28–40.
Khaeria, A. N., Murthi, N. L. P. T., Triadji, T. P., & Azizah, C. Y. N. (2023). Pendapatan dan Beban. ULIL ALBAB, 2(2), 741–745.
Mahmud, M., Mahmud, N. U. H., Abdi, C., Luthfina, N., & Fatimah, A. (2023). Proses Gabungan Koagulasi-Adsorpsi Menggunakan Material Lokal Tanah Lempung Gambut dan Adsorben Gambut untuk Menyisihkan Warna dan Organik pada Limbah Cair Sasirangan. Jurnal Ilmu Lingkungan, 21(4), 839–848. https://doi.org/10.14710/jil.21.4.839-848
Maulida, F. (2023). Pengaruh Pajak Pertambahan Nilai (Ppn) Dan Harga Jual Pada Industri Sepatu Terhadap Daya Beli Konsumen. Elibrary Unikom. http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/9073
Pratiwi, Y. T., Andayani, A., & Soeparno, K. (2022). Analisis Penerapan Pajak Pertambahan Nilai (Ppn) Atas Transaksi Penjualan Barang Kena Pajak Pada Pt.Novapharin. Income, 3(2), 58–71. https://doi.org/10.38156/akuntansi.v3i2.151
Rahmah, I., Kaukab, M. E., Yuwono, W., Pascasarjana, F., Yogyakarta, U. M., & Artikel, R. (2020). PERAN PEMERINTAH DALAM MENINGKATKANPENDAPATAN UMKM. Capital, 3(2), 30–50. https://capital.stiesemarang.ac.id/index.php/capital/article/view/39
Sidiq, U., & Chori, M. (2019). METODE PENELITIAN KUALITATIF DI BIDANG PENDIDIKAN. Nata Karya.
Wesley, C., & Sitompul, G. O. (2023). Pengaruh Kebijakan Kenaikan PPN 11 Persen dan Penagihan Pajak dalam Memenuhi Kewajiban Perpajakan Pelaku Usaha. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 5(3), 1625–1642. https://doi.org/10.47467/elmal.v5i3.5711
Yani, R. E., Simandalahi, E., & Nasution, A. R. (2024). Pengaruh PPN (Pajak Pertambahan Nilai) terhadap Pendapatan Nasional. Eksis: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 15(1), 30. https://doi.org/10.33087/eksis.v15i1.424
Yudistira, E. & C. & N. (2024). Pengaruh Kenaikan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) Terhadap Pendapatan Wajib Pajak Badan Usaha di Kota Metro. Journal of Science Research, Vol4 No.3, 8090–8104.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Pricilia Joice Pesak, Michael Miran, Ahmad Gazali, Alfred Salindeho
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.