Pengaruh Flash Sale, Discount, Dan Cashback Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT Shopee International Indonesia (Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Teknologi Sumbawa)

Penulis

  • Ria Susmita Universitas Teknologi Sumbawa
  • Jayanti Mandasari Universitas Teknologi Sumbawa

Kata Kunci:

Flash Sale, Diskon, Cashback, Keputusan Pembelian, Shopee, E Commerce

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh program promosi seperti flash sale, diskon, dan cashback terhadap keputusan pembelian pada PT Shopee International Indonesia. Dengan semakin berkembangnya marketplace di Indonesia, berbagai strategi pemasaran digunakan untuk menarik konsumen, terutama mahasiswa yang memiliki keterbatasan anggaran dan cenderung mencari harga terbaik. Studi ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan asosiatif untuk menguji hubungan antara variabel independen (flash sale, diskon, dan cashback) terhadap variabel dependen (keputusan pembelian). Populasi dalam penelitian ini adalah 140 mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Teknologi Sumbawa yang aktif menggunakan Shopee sebagai platform belanja daring mereka. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan regresi linier berganda untuk mengetahui sejauh mana masing-masing variabel promosi berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa flash sale, diskon, dan cashback memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian mahasiswa. Temuan ini mengindikasikan bahwa strategi promosi yang diterapkan oleh Shopee berhasil mempengaruhi perilaku konsumen, terutama dalam memicu pembelian impulsif serta meningkatkan loyalitas pelanggan. Studi ini memberikan wawasan bagi perusahaan e-commerce dalam merancang strategi pemasaran yang lebih efektif untuk menarik minat pembeli. Selain itu, hasil penelitian ini juga bermanfaat bagi akademisi sebagai referensi dalam studi pemasaran digital dan perilaku konsumen di era ekonomi berbasis teknologi.

Referensi

Abimanyu, R. (2023). Pengaruh persepsi harga dan promosi cashback terhadapkeputusan pembelian pada marketplace tokopedia. Jurnal ilmiahwahana pendidikan, 398.

Alfarizi, M., Rachma, D., & Hufron, M. (n.d.). Pengaruh promosi terhadap pembelian impulsif konsumen. Jurnal Ekonomi dan Psikologi Konsumen, 6(1), 34-45.

Agustian, (2019). Pengaruh sistem informasi manajamen terhadap peningkatan kualitas pelayanan di PT. Jasaraharja putra cabang bengkulu. Jurnal professional , 43-46.

Agustini, D. (2017). Faktor-faktor yang mempengaruhi preferensi konsumen dalam berbelanja online di Indonesia. Jurnal Manajemen dan Pemasaran, 14(3), 102-112.

Anggraeni, P. (2019). Pengaruh kepercayaan dan kualitas informasi terhadap keputusan pembelian secara online. E-proceeding of management, 11-17.

Akbar, m. N. (2023). Pengaruh promosi dan diskon pada keputusan pembelian pada swalayan kudus. Jurnal bisnis digital dan sistem informasi, 30-37.

Alamsyah, N. & Saino (2021). Pengaruh fitur produk dan promosi cashback terhadap keputusan pembelian. Akuntabel, 624-634

Ardiansyah, A. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan Digital, Promosi, dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Pelanggan ShopeeFood. Jurnal Manajemen Universitas Satya Negara Indonesia, 6(1), 21–33.

Aritonang. (2023). Pengaruh gratis ongkos kirim dan flash sale terhadap minat beli pada pengguna aplikasi shopee di kota medan. Manajemen, 19-20.

Bahri, Syaiful. (2018). Metodologi Penelitian Bisnis Lengkap dengan Teknik Pengelolaan Data SPSS. Yogyakarta. Hal 16-103.

Bahtiar, A. (2020). Fenomena dan perkembangan e-commerce di Indonesia melalui situs jual beli online. Jurnal Ekonomi Digital Indonesia, 8(4), 45-58.

Belch, G.E dan M.A. Belch. 2009. Advertising and Promotion: An Integrated Marketing Communication Perspective. 8 th Edition. Pearson Education. New York.

Darma, B. (2021). Penelitian Pengukuran Memanfaatkan SPSS (Uji Legitimasi, Uji Keandalan, Lurus Langsung Kambuh, Berbagai Kekambuhan Lurus, Uji t, Uji F, R2) (hal. 8). GUEPEDIA

Darwin, M., Mamondol, M. R., Sormin, S. A., Nurhayati, Y., Tambunan, H., Sylvia, D., Adnyana, I. M. D. M., Prasetiyo, B., Vianitati, P., & Gebang, A.A. (2021). Metode penelitian pendekatan kuantitatif. Media Sains Indonesia.

Dianti, R. (2017). Tujuan dan jenis promosi dalam pemasaran. Jurnal Pemasaran dan Manajemen, 14(2), 58-70.

Dictionary, C. (2023). Meaning of Cashback in English. New York.

Dyah Nirmala Arum Janie, S. M. (2012). Statistik Deskriptif dan Regresi Linier Berganda Dengan SPSS. Semarang.

Firmansyah, A. (2019). Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran). Yogyakarta: Qiara Media.

Fitriana, b. A. (2023). Pengaruh shopee paylater, voucher ongkos kirim dan flash saleaplikasi shopee terhadap keputusan pembelian.

Ghozali, Imam. (2014). Ekonometrika. Semarang. Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Ghozali, I. (2016). Aplikasi analisis multivariete dengan program IBM SPSS 23.

Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2019). Multivariate data analysis (8th ed.). Cengage Learning.

Huang, Z., & Benyoucef, M. (2015). User preferences of online shopping features: A comparison of the features of e-commerce websites in China and the USA. Journal of Electronic Commerce Research, 16(1), 57.

Husniyyah, T. (2024). Pengaruh diskon, flash sale, dan live shopping terhadap keputusan pembelian pada brand the originote di shopee (studi pada mahasiswa prodi manajemen angkatan 2020 Universitas Bhayangkara Jakarta Raya). Jurnal economina , 314.

Jatmiko, e. (2023). Analisis promosi cash back pada e-commerce bukalapak dalam perspektif ekonomi syariah. Jurnal studi ekonomi syariah, 71.

Kotler, P. and K.L.K. (2016). Marketing management, 14th Edition New Jersey. Pearson Pretice Hall.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th Edition).

Kotler, P and G. Amstrong, Principles Of Marketing (17 ed). United Kingdom Pearson Education, 2018.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2018). Marketing Management (15th ed.). Pearson Education.

Kuncoro, Mudrajad. (2018). Metode Riset untuk Bisnis & Ekonomi: Bagaimana Meneliti dan Menulis Tesis?. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2022). Marketing Management. 16th Edition. Pearson.

Laudon, K. C., & Traver, C. G. (2018). E-Commerce 2018.

Muhammad Darwin. (2021). Metode pendekatan kuantitatif.

Nasution, Muhammad S.A dan Nasution, Rahmat H. Filsafat Hukum Islam Dan Maqashid SYARÎ’AH. Jakarta: Kencana, 2020.

Nighel, M., & Sharif, A. (2022). Pengaruh taktik pemasaran flash sale terhadap kesadaran konsumen dan penjualan produk. Jurnal Pemasaran Digital dan E-Commerce, 18(3), 78-92.

Nurrohyani, R. (2020). Pengaruh Pro mosi Cashback pada OVO dan Go-Pay Terhadap Perilaku Konsumen Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas. Jurnal ilmu ekonomi dan studi pembangunan, 15.

Purboyo. (2021). Perilaku konsumen (tinjauan konseptual) dan praktis). Bandung: CV. Media Sains Indonesia

Putra, E. W. (2016). Pengaruh diskon terhadap minat beli serta dampaknya pada keputusan pembelian (Study pada konsumen yang membeli produk diskon di Matahari Department Store Pasar Besar Malang). Administrasi bisnis, 188.

Putri, F. K. (2021). Pengaruh kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan pada pt. Matahari department store di mantos 2. Jurnal Emba, 1428-1438.

Risya, A., & Sihaloho, M. (2020). Pengaruh cashback terhadap keputusan pembelian di marketplace Shopee. Jurnal Pemasaran Digital, 9(4), 102-115.

Sarce, k. (2024). Dampak iklan dan cashback terhadap keputusan pembelian pada e-commerce Shopee Di Kota Surabaya. Jurnal mahasiswa manajemen dan akuntansi, 136-151.

Savitri, C. (2024). Pengaruh flash sale dan diskon terhadap impulsive buying pada produk fashion di shopee. Journal of management and bussines (jomb), 1522.

Schindler, P. S., & Cooper, D. R. (2014). Business Research Methods (12th Edition). McGraw-Hill Education.

Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research methods for business: A skill-building approach (7th ed.).

Setyorini, Yiyis Dwi. 2020. “Pengaruh Promosi, Kemudahan Akses, Dan Diskon Terhadap Keputusan Pembelian Impulsif Pengguna Aplikasi Shopee Pada Mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah Institut Agama Islam Negeri Tulungagung.” Institut Agama Islam Negeri Tulungagung.

Shihab, M. R. (2023). Pengaruh brand image dan flash sale (penjualan kilat) terhadap keputusan pembelian pada aplikasi tokopedia (survey pada followers tiktok tokopedia 2022). Jurnal ilmiah wahana pendidikan, 749.

Shi, S.W dan M. Chen. 2015. Would You Snap Up The Deal? A Study of Consumer Behaviour Under Flash Sale. International Journal of Market Research 57(6): 34-45.

Solomon, M. R. (2017). Consumer Behavior: Buying, Having, and Being (12th Edition). Pearson Education.

Sriyanto, A., & Kuncoro, A. W. (2019). Pengaruh brand Ambassador, minat beli dan testimoni terhadap keputusan pembelian. Jurnal ekonomika dan manajemen, 8(1), 21-34.

Sugiyono. (2019) metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Yogyakarta: Penerbit alfabeta

Sulikah, s. (2021-2022). Pengaruh citra merek terhadap keputusan pembelian bimbingan belajar online ruang guru di sman 1 banyusari karawang. Jurnal mahasiswa psikologi universitas buana perjuangan karawang , 80-81.

Susilana, R. (2015). Modul Populasi dan Sampel. Modul Praktikum, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Tarmizi, M. (2020). Pengolahan data menggunakan SPSS dalam penelitian kuantitatif. Jurnal Metode dan Statistik, 8(2), 123-134.

Tybout, A. M., & Calkins, T. (2014). Kellogg on Marketing. Wiley.

Vania, I. (2021). Pengaruh Promo ShopeeFood Tehadap Minat Beli Pengguna Shopee (Di Daerah Tangerang Selatan) Izella Vania1 dan Remista Simbolon. Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Advent Indonesia. 46–58.

Wangi, L. P (2021). Pengaruh flash sale dan cashback terhadap keputusan pembelian pada pengguna shopee. Jurnal bisnis dan kajian strategi manajemen, 79-91.

Wahyuningtias, d. (2014). Uji kesukaan hasil jadi kue brownies menggunakan tepung terigu dan tepung gandum utuh. Binus business review, 57-65.

Yoga Pratama (2020). 25 Grand Theory.

Unduhan

Diterbitkan

28-02-2025