Permasalahan Aktual untuk Menyusun Model Aplikatif Pengembangan Sekolah Menengah Kejuruan di Provinsi Aceh

Penulis

  • Bahrun Universitas Syiah Kuala
  • Niswanto Universitas Syiah Kuala
  • Maimun Universitas Syiah Kuala

Kata Kunci:

Model Aplikatif, Pengembangan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)

Abstrak

Pengembangan Sekolah Menengah Kejurusan (SMK) merupakan keharusan yang tidak dapat dihindari, hal ini terkait dengan upaya melahirkan lulusan SMK yang siap kerja. Untuk itu, diperlukan sebuah model pengembangan sekolah yang sesuai dengan potensi yang dimiliki oleh daerah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas model pengembangan melalui revitalisasi SMK di Aceh yang sudah berjalan dalam tiga tahun terakhir. Metode yang digunakan dalam penelitian ini berupa descriptive methode, yaitu menggambarkan secara detail kondisi SMK yang ada di masing-masing daerah studi yang tersebar di Provinsi Aceh berdasarkan kebijakan revitalisasi. Data dikumpulkan melalui telaah dokumentasi, wawancara, dan diskusi kelompok terfokus (Focus Group Discussion) yang sebagiannya dilakukan secara online menyesuaikan dengan SOP kehidupan normal baru dalam masa pandemi Covid-19. Kajian ini menghasilkan kondisi SMK program revitalisasi baik negeri maupun swasta sesuai dengan fokus revitalisasi SMK. Kondisi yang terungkap bahwa tingkat efektivitas revitalisasi masing dalam kategori rendah yang ditunjukkan oleh belum tercapainya dengan baik indikator kesesuaian kurikulum dengan kebutuhan dunia industri, dunia usaha dan dunia kerja secara umum; pendidik dan tenaga kependidikan; kerjasama dengan DUDI; sertifikasi dan akreditasi; dan sarpras dan kelembagaan. Beranjak dari kondisi tersebut diajukan rekomendasi  yang dipandu oleh  peta  jalan  revitalisasi  SMK  dengan  rincian  langkah  untuk  setiap  fokus revitalisasi di atas.

Referensi

Litbang Bappeda Aceh (2019). Kajian Pemetaan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Dalam Mewujudkan Sekolah Bermutu Menuju Aceh Carong.

Trilling, B., & Fadel, C. (2009). 21st century skills: Learning for life in our times. Jossey-Bass/Wiley.

Undang-Undang nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Unduhan

Diterbitkan

2022-04-25

Cara Mengutip

Bahrun, Niswanto, & Maimun. (2022). Permasalahan Aktual untuk Menyusun Model Aplikatif Pengembangan Sekolah Menengah Kejuruan di Provinsi Aceh. Jurnal Pendidikan Vokasi Raflesia, 2(1), 1–7. Diambil dari https://ejournal.polraf.ac.id/index.php/JPVR/article/view/101