Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Online melalui Media Sosial di Masa Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.53494/jpvr.v2i1.122Kata Kunci:
Pandemi Covid-19, Kuliah Kerja Nyata (KKN), Pembelajaran DaringAbstrak
Pandemi Covid-19 telah membawa perubahan signifikan dalam bidang pendidikan. Selama masa pandemi covid 19, proses pembelajaran kerap dilakukan secara daring atau online, termasuk dalam pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Penelitian deskriptif kuantitatif ini bertujuan untuk menggambarkan tentang pelaksanaan KKN online melalui media sosial di masa pandemi Covid-19 serta masalah yang dihadapi mahasiswa dalam pelaksanaannya. Sampel penelitian adalah mahasiswa semester enam Program Studi Tadris Bahasa Inggris IAIN Curup. Data didapatkan dari hasil pengisian kuesioner yang dibagikan secara online kepada mahasiswa pelaksana KKN serta hasil wawancara online melalui WA. Data dianalisis secara kuantitatif dan hasilnya ditampilkan dalam bentuk tabel. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa media sosial yang paling sering dimanfaatkan dalam pelaksanaan KKN online mahasiswa adalah facebook. Topik/materi yang lebih sering dibagikan ke masyarakat adalah kesehatan umum. Produk (luaran) KKN online lebih banyak berupa poster (pamflet). Sedangkan masalah utama yang menjadi kendala mahasiswa dalam melaksanakan KKN online adalah koneksi internet.
Referensi
Ablem Strauss and Juliet C. (2003). Dasar-dasar Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
UGM. (Testimoni KKN-PPM Periode 6 Tahun 2020 Unit YO-250, Kelurahan Prenggan, Kecamatan Kotagede, Kota Yogyakarta) https://kkn.ugm.ac.id/wp-content/uploads/sites/707/2020/06/RANGKUMAN-PROGRAM-KKN-PERIODE-16-TAHUN-2020.pdf
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat. (2020). Petunjuk Teknis Pelaksanaan (KKN-DR Dan Sukarelawan). IAIN Curup
LR, Gay and Peter. (2000). Research Competence for Analysis Application. New Jersey: Merril an imprint of prentice hall.
Octastefani, T. (2020). Agar yang Daring tak Menjadi Garing: Cerita Seputar KKN pada Masa Pandemi di Ibun Jawa Barat. Yogyakarta: Cantrik Pustaka
Pramesta, Anggit, dkk. (2020). Guidance Learned From Home Educational Solutions During Covid 19 Pandemic in Kedungbokor Brebes Village. Indonesian Journal of Devotion and Empowerment, 2 (1): 26-30 https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ijde/article/view/42286
Sari, Adya Mustika. (2020). Laporan Kuliah Kerja Nyata KKN Daring-Covid 19. Universitas Negeri Padang
Vu, P., Fredrickson, S., & Moore, C. (2017). Handbook of Research on Innovative Pedagogies and Technologies for Online in Higher Education. USA: IGI Global
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Jurnal Pendidikan Vokasi Raflesia

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.