Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Online melalui Media Sosial di Masa Pandemi Covid-19

Penulis

  • Desti Ariani Politeknik Rafkesia
  • Ade Hidayat Politeknik Raflesia

DOI:

https://doi.org/10.53494/jpvr.v2i1.122

Kata Kunci:

Pandemi Covid-19, Kuliah Kerja Nyata (KKN), Pembelajaran Daring

Abstrak

Pandemi Covid-19 telah membawa perubahan signifikan dalam bidang pendidikan. Selama masa pandemi covid 19, proses pembelajaran kerap dilakukan secara daring atau online, termasuk dalam pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Penelitian deskriptif kuantitatif ini bertujuan untuk menggambarkan tentang pelaksanaan KKN online melalui media sosial di masa pandemi Covid-19 serta masalah yang dihadapi mahasiswa dalam pelaksanaannya. Sampel penelitian adalah mahasiswa semester enam Program Studi Tadris Bahasa Inggris IAIN Curup. Data didapatkan dari hasil pengisian kuesioner yang dibagikan secara online kepada mahasiswa pelaksana KKN serta hasil wawancara online melalui WA. Data dianalisis secara kuantitatif dan hasilnya ditampilkan dalam bentuk tabel. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa media sosial yang paling sering dimanfaatkan dalam pelaksanaan KKN online mahasiswa adalah facebook. Topik/materi yang lebih sering dibagikan ke masyarakat adalah kesehatan umum. Produk (luaran) KKN online lebih banyak berupa poster (pamflet). Sedangkan masalah utama yang menjadi kendala mahasiswa dalam melaksanakan KKN online adalah koneksi internet.

Referensi

Ablem Strauss and Juliet C. (2003). Dasar-dasar Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

UGM. (Testimoni KKN-PPM Periode 6 Tahun 2020 Unit YO-250, Kelurahan Prenggan, Kecamatan Kotagede, Kota Yogyakarta) https://kkn.ugm.ac.id/wp-content/uploads/sites/707/2020/06/RANGKUMAN-PROGRAM-KKN-PERIODE-16-TAHUN-2020.pdf

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat. (2020). Petunjuk Teknis Pelaksanaan (KKN-DR Dan Sukarelawan). IAIN Curup

LR, Gay and Peter. (2000). Research Competence for Analysis Application. New Jersey: Merril an imprint of prentice hall.

Octastefani, T. (2020). Agar yang Daring tak Menjadi Garing: Cerita Seputar KKN pada Masa Pandemi di Ibun Jawa Barat. Yogyakarta: Cantrik Pustaka

Pramesta, Anggit, dkk. (2020). Guidance Learned From Home Educational Solutions During Covid 19 Pandemic in Kedungbokor Brebes Village. Indonesian Journal of Devotion and Empowerment, 2 (1): 26-30 https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ijde/article/view/42286

Sari, Adya Mustika. (2020). Laporan Kuliah Kerja Nyata KKN Daring-Covid 19. Universitas Negeri Padang

Vu, P., Fredrickson, S., & Moore, C. (2017). Handbook of Research on Innovative Pedagogies and Technologies for Online in Higher Education. USA: IGI Global

Unduhan

Diterbitkan

2022-04-25

Cara Mengutip

Ariani, D., & Hidayat, A. (2022). Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Online melalui Media Sosial di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Vokasi Raflesia, 2(1), 8–14. https://doi.org/10.53494/jpvr.v2i1.122