Efektivitas Penggunaan Media Board Game untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Menyatakan dan Menanyakan Sifat Orang, Binatang, dan Benda

Penulis

  • Arie Rahmawati SMP Negeri 2 Sidoarjo

Kata Kunci:

Board Game, Peat Bogm, Menyatakan dan menanyakan sifat

Abstrak

Tujuan dari karya ilmiah pembelajaran ini adalah Untuk mengetahui bagaimana efektivitas media Peat Bogm untuk meningkatkan kemampuan siswa menyatakan dan menanyakan sifat orang, binatang, dan benda dan peningkatan kemampuan siswa menyatakan dan menanyakan sifat orang, binatang, dan benda dengan menggunakan media Peat Bogm. Media Peat Bogm adalah kependekan dari people animal thing board game. Media Peat Bogm merupakan media papan permainan (board game) yang berisi gambar-gambar di dalamnya yang berfungsi memberikan visualisasi. Cara memainkan papan permainan ini adalah dengan menggunakan dadu dan pion pemain. Papan permainan ini dimainkan oleh dua orang pemain dan seorang juri Hasil dari penggunaan dari media Peat Bogm pada pembelajaran Bahasa Inggris adalah hasil belajar siswa untuk penilaian keterampilan menyusun teks lisan (berbicara) meningkat setelah penggunaan media Peat Bogm.

Referensi

Arikunto, S., (2009). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi 6. Jakarta : Rineka Cipta.

Crystal, D. (2002). The English Language: A guide tour of the language. London: Penguin Books

Hadfield, Jill. (2005). Intermediate Communication Games. --12th impression. China: Addison Wesley Longman Ltd

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2014). Bahasa Inggris, When English Rings a Bell. --Edisi Revisi. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah

Sisaningsih, Dwi. Januari (2015). Peluang dan Tantangan Indonesia Pasar Bebas ASEAN. Warta Ekspor, hlm 3.

Suyanto, Kasihani K. E. (2007). English for Young Learners. --Edisi 1, Cetakan 1. Jakarta: Bumi Aksara

Treher, Elizabeth N. (2011). Learning with Board Games: Tools for Learning and Retention, Retrieved from www.thelearningkey.com.

Unduhan

Diterbitkan

2022-04-25

Cara Mengutip

Rahmawati, A. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Board Game untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Menyatakan dan Menanyakan Sifat Orang, Binatang, dan Benda. Jurnal Pendidikan Vokasi Raflesia, 2(1), 15–19. Diambil dari https://ejournal.polraf.ac.id/index.php/JPVR/article/view/124