Enhancing Learning Experience in PPKN Education through the Implementation of Talking Stick Teaching Method for Grade VII-C Student at SMPN 1 Labuapi
DOI:
https://doi.org/10.53494/jpvr.v3i2.210Kata Kunci:
Keaktifan belajar siswa, Model pemebelajaran Talking Stick, Pendidikan Pancasila dan KewarganegaraanAbstrak
Penelitian ini membahas tentang model pembelajaran Talking Stick untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran PPKn kelas VII C di SMPN 1 Labuapi melalui Model Pembelajaran Talking Stick. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian ini adalah Siswa kelas VII C dengan jumlah siswa 32 Orang yang terdiri dari 15 Orang Perempuan dan 17 Orang Laki-laki. Desain penelitian yang digunakan meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Instrumen penelitian adalah lembar observasi, catatan lapangan, wawancara dan catatan hasil refleksi. Data diperoleh melalui instrumen pengumpulan data yaitu, Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang dilakukan adalah deksriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil Penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkannya model pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan keaktifan belajar diukur dari evaluasi dari setiap siklusnya yaitu pada pra siklus atau sebelum diadakannya tindakan menunjukan bahwa keberhasilan indikator diperoleh rata-rata observasi keseluruhan subjek penelitian sebesar 31% dengan kriteria “sangat kurang aktif”, meningkat pada siklus I sebesar 41,5 % dengan kriteria “sangat kurang aktif”, dan meningkat pada siklus II diperoleh sebesar 78% dengan kriteria “aktif”
Referensi
Anwar, M. K. (2017). Pembelajaran mendalam untuk membentuk karakter siswa sebagai pembelajar. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 2(2), 97-104.
Fajri, N., Yoesoef, A., & Nur, M. (2016). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe talking stick dengan strategi joyful learning terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII MTsN Meuraxa Banda Aceh. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 1(1).
Kunandar. (2016). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Pers
Lestari, N. K. T., Kristiantari, M. R., & Ganing, N. N. (2017). Pengaruh model pembelajaran talking stick berbantuan lagu daerah terhadap hasil belajar IPS. International Journal of Elementary Education, 1(4), 290-297.
Nuraini, N., Fitriani, F., & Fadhilah, R. (2018). Hubungan antara aktivitas belajar siswa dan hasil belajar pada mata pelajaran kimia kelas X SMA Negeri 5 Pontianak. Jurnal Ilmiah Ar-Razi, 6(1).
Prabarini, I. D. A. R., Tastra, I. D. K., & Murda, I. N. (2015). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PORTOFOLIO UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 1 BEBALANG. MIMBAR PGSD Undiksha, 3(1).
Uno, Hamzah B. (2015). Belajar Dengan Pendekatan PAIKEM. Jakarta: Bumi Aksara
Vahlia, I., & Sudarman, S. W. (2015). Penerapan model pembelajaran berbalik (reciprocal teaching) ditinjau dari aktivitas dan hasil belajar siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 4(1).
Wijaya, R. S. (2015). Hubungan kemandirian dengan aktivitas belajar siswa. Jurnal Penelitian Tindakan Bimbingan & Konseling, 1(3).
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Nova Gita Sari, Ria Hermawati, Rukmini, Ahmad Ansori, Sri Rejeki
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.