Pengaruh Media Augmented Reality (AR) terhadap Pemahaman Konsep Matematis Materi Bangun Ruang

Penulis

  • Aom Yusron Universitas Sebelas April
  • Ai Hayati Rahayu Universitas Sebelas April
  • Ria Kurniasari Universitas Sebelas April

DOI:

https://doi.org/10.53494/jpvr.v3i2.273

Kata Kunci:

Augmented Reality, Mathematical Concept, Konsep Matematis

Abstrak

Abstract— It is important for students to master mathematical concepts as they are continuously studied or interconnected, preventing misconceptions. However, the understanding of mathematical concepts in geometry material by fifth grade students at SDN Nagrak II is still low. A study was conducted to determine the difference in the average value of students' understanding of mathematical concepts in geometry material in the group treated with Augmented Reality (AR) media and the group without treatment. The research method used was quasi-experimental and the instrument used was a pretest and posttest. The sample consisted of 28 fifth grade students, with 14 students in the control class and 14 in the experimental class. The study found a significant posttest difference between the experimental class and the control class, with a p-value <0.001. Therefore, the proposed hypothesis is accepted.

 

Abstrak— Pemahaman konsep matematis penting untuk dikuasai oleh siswa karena topik dalam pembelajaran matematika dipelajari secara berkesinambungan atau saling terhubung, sehingga siswa tidak akan mengalami miskonsepsi. Masalah dalam penelitian ini adalah pemahaman konsep matematis siswa kelas V SDN Nagrak II yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan nilai rata-rata pemahaman konsep matematis siswa materi bangun ruang pada kelompok yang diberi perlakuan menggunakan media Augmented Reality (AR) dengan kelompok yang tidak diberi perlakuan. Metode dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Instrumen yang digunakan soal pretes dan postes. Populasinya adalah seluruh siswa kelas V SDN Nagrak II Kecamatan Buahdua Kabupaten Sumedang tahun pelajaran 2022/2023. Sampel yang digunakan yaitu siswa kelas V dengan jumlah 28 siswa yang terdiri dari 14 siswa sebagai kelas kontrol dan 14 siswa sebagai kelas eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian diketahui terdapat perbedaan nilai rata-rata pemahaman konsep matematis siswa materi bangun ruang pada kelompok yang diberi perlakuan menggunakan media Augmented Reality (AR) dengan kelompok yang tidak diberi perlakuan. Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan uji hipotesis Independent Sample T-Test. Dari perhitungan tersebut diperoleh p-value < 0,001. Artinya, terdapat perbedaan yang signifikan pada postes antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan demikian, hipotesis yang diajukan diterima.

Referensi

Aryani, P. R., Akhlis, I., & Subali, B. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbentuk Augmented Reality pada Peserta Didik untuk Meningkatkan Minat dan Pemahaman IPA. UNNES Physics Education Journal, 8(2), 90-101. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/upej/article/view/33309. Diakses pada 20 Maret 2023

Fajriansyah, M.A., & Widodo, S. (2022). Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran di Rumah yang Efektif tetapi Menarik. JUTIS (Jurnal Teknik Informatika Unis), 10(2), 173-180. http://www.ejournal.unis.ac.id/index.php/jutis/article/view/2547. Diakses pada 3 September 2023

Farika, N. (2022). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Materi Bangun Ruang Melalui Media AR (Augmented Reality) Siswa Kelas VI SDN Junrejo 01 Tahun 2022. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora (JPTWH), 2(1), 119-145. http://jurnal.widyahumaniora.org/index.php/jptwh/article/view/113. Diakses pada 19 Maret 2023

Imanulhaq, R., & Ichsan. (2022). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Piaget pada Tahap Anak Usia Operasional Konkret 7-12 Tahun Sebagai Dasar Kebutuhan Media Pembelajaran. Jurnal WANIAMBEY: Journal Of Islamic Education, 3(2) 126-134.

http://e-journal.iainfmpapua.ac.id/index.php/waniambey/article/view/174. Diakses pada 26 Juni 2023

Juwantara, R.A. (2019). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Piaget Pada Tahap Anak Usia Operasional Konkret 7-12 Tahun Dalam Pembelajaran Matematika. Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 9(1), 27-34. https://core.ac.uk/download/pdf/327227393.pdf. Diakses pada 19 Maret 2023

Larasati, N.I., & Widyasari, N. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Terhadap Peningkatan Pemahaman konsep Matematis Siswa Ditinjau Dari Gaya Belajar. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 7(1), 45-50. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/fbc/article/view/5524. Diakses pada 25 Mei 2023

Muchyidin, A., Nurlatif, L., & Nursuprianah, I. (2020). Miskonsepsi Siswa pada Pemahaman Bangun Ruang. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 5(1), 72-86. https://jurnalftk.uinsby.ac.id/index.php/jrpm/article/view/654. Diakses pada 20 Maret 2023

Rahayu, Y., & Pujiastuti, H. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP pada Materi Himpunan: Studi Kasus di SMP Negeri 1 Cibadak. Pasundan Journal Reserch in Mathematics Learning and Education, 3(2), 93-102. https://www.journal.unpas.ac.id/index.php/symmetry/article/view/1284. Diakses pada 18 Maret 2023

Supardi, (2017). Statistik Penelitian Pendidikan: Perhitungan, Penyajian, Penjelasan, Penafsiran, dan Penarikan Kesimpulan. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.

Supriyono. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 43-48. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpd/article/view/6262. Diakses pada 19 Maret 2023

Zaleha. (2018). Hasil Belajar Operasi Hitung Bilangan Bulat Melalui Implementasi Metode Jarimatika Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Gambah, Barabai, Hulu Sungai Tengah. Jurnal Penenlitian Tindakan dan Pendidikan, 4(1), 1-6. https://www.rumahjurnal.net/index.php/ptp/article/view/180. Diakses pada 18 Maret 2023

Unduhan

Diterbitkan

2023-10-30

Cara Mengutip

Yusron, A., Rahayu, A. H., & Kurniasari, R. (2023). Pengaruh Media Augmented Reality (AR) terhadap Pemahaman Konsep Matematis Materi Bangun Ruang. Jurnal Pendidikan Vokasi Raflesia, 3(2), 79–85. https://doi.org/10.53494/jpvr.v3i2.273