Perbedaan Pola Asuh Baby Sister dan Orang Tua terhadap Perkembangan Religius Anak Usia Dini di TK Muhammadiyah 5
DOI:
https://doi.org/10.53494/jpvr.v3i2.286Kata Kunci:
Kata Kunci: penanaman, Religius, anak usia dini, orang tuaAbstrak
Kuisioner dalam penelitian ini terdiri dari 15 item pernyataan tentang pembiasaan doa-doa sehari-hari dan mencerita cerita islamidan 20 item pernyataan tentang perkembangan moral anak usia dini. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara menyebarkan kuisioner kepada para responden yang telah terpilih sebagai sampel penelitian. Selanjutnya, setelah responden mengisi kuisioner tersebut, lalau dikumpulkan kembali dan dilakukan analisis. Pada penerapan doa-doa pembiasaan dan mencerita cerita islami ada 2 indikator yang diukur, yaitu indikator pemberian kebebasan (pembolehan yang sifatnya toleran), proteksi (tidak ada hubungan apabila anak melanggar peraturan serta kurangnya control terhadap prilaku dan kegiatan anak sehari-hari) dan indikator yang kedua adalah submission (penyerahan). sebesar 38,75%. Hal ini menunjukkan bahwa pemahaman keagamaan memiliki hubungan yang “sedang” dalam pembentukan moral anak usia dini di TK Muhammadiyah Batam perkembangan moral anak dapat disimpulkan bahwa penanaman keagamaan yang permisif memiliki hubungan yang “sedang” dengan nilai rata-rata sebesar 38,75%. Sedangkan pekembangan moral anak usia dini di TK Muhammadiyah juga memiliki kategori ―sedang‖ dengan nilai rata-rata sebesar 59,99%.
Referensi
Amiruddin, Amiruddin. (2019). Internalisasi Nilai-Nilai Agama Pada Anak Usia Dini di Raudhathul Atfhal Perwanida 1 Lipu Kabupaten Majene. Al-Qalam, 20(1).
Rosiana, Anny. (2018). Hubungan Pola Asuh Keluarga (Non Keluarga) dengan Kedisiplinan Anak di TK Pertiwi 01 Yayasan Dian Dharma Pati. Jurnal Peraat, 3(2), 30-37.
Arikunto, S. (2019). Penelitian Tindakan Kelas.
Hamid. (2019). Pola Asuh Baby Sitter Dalam Pengasuhan Anak: Studi Analisis Interaksi Simbolik Baby Sitter Di Desa Cilampeni Kecamatan Ketapang Kabupaten Bandung. Bandung: Diploma Thesis, UIN Sunan Gunung Jati.
Hapsari, Iriani Indri. (2016). Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta Barat: PT Indeks.
Iskandar. (2008). Metodologi Penelitian Pendidikan Dan Sosial (Kuantitatif Dan Kualitatif). Jakarta: GP Press.
Khoiriyah. (2021). Implikasi Pendidikan Dari QS Ali-Imran Ayat 33-37 Tentang Kisa Keluarga Imran Terhadap Pola Asuh Anak. Dalam Prosiding Pendidikan Agama Islam, 27-31. https://dx.doi.org/10.29313/.v7i1.26058
Kusdi. S. S. (2018). Peran Pola Asuh Orang Tua Dalam Pembentukan Karakter Anak.Al-Uswah. Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam, 1(2), 100-11.
Adnan, Mohammad. (2018). Pola Asuh Orang Tua Dalam Pembentukkan Akhlak Anak dalam Pendidikan Islam. Jurnal Kislaman 4(1), 66-81.
Nuraini, Yuliani Sujiono. (2019). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta Barat: Permata Putri Media.
Roini, S. (2018). PERAN POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTERPADA ANAK. JURNAL PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH, 12(1), 21-32.
Hamid, Sofiyan Abdul. (2019). Pola Asuh Baby Sitter Dalam Pengasuhan Anak Study Analisis Interaksi Simbolik Baby Sitter Di Desa Cilacapeni Kecamatan Ketapang Kabupaten Bandung. Diploma Thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Fatmawati, Arifuddin Jalil, Jessika, Astrid Mustika Dewi, Dea Pradita Widyanto, Hamdani Syukur, Kartikaning Diyah Yulianti, Lutfia Nada Salsabila, M. Wahyu Nasution, Tengku, M. Bayu Saputra, Nurazlin Saydina Zahra, Elny Theodora
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.