Perancangan Modul Unit Semi Trailer Side Tipper Menggunakan Metode ADDIE di PT United Tractors Pandu Engineering
DOI:
https://doi.org/10.53494/jpvr.v4i1.352Kata Kunci:
ADDIE, Modul, Mekanik, PerancanganAbstrak
Perancangan modul pembelajaran untuk unit Semi Trailer Side Tipper dengan menggunakan metode ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) di PT United Tractors Pandu Engineering dilatar belakangi karena adanya kesenjangan dalam profisiensi level mekanik yang dapat memengaruhi kinerja pemeliharaan, adanya urgensi yang ada pada perbandingan populasi unit dengan sumber daya manusia yang ada dan adanya kepentingan yang ada yaitu belum adanya modul pembelajaran mengenai unit trailer tersebut. Tujuan Penelitian ini adalah untuk merancang modul pembelajaran unit Semi Trailer Side Tipper. Metode ADDIE dipilih sebagai kerangka kerja untuk pengembangan modul guna memastikan pendekatan yang sistematis dan efisien. Tahap analisis dilakukan untuk memahami masalah yang terjadi dan latar belakang dalam pembuatan modul, sedangkan tahap desain melibatkan penyusunan Training Program yang berisi objektif dan subjektif pembelajaran. Tahap pengembangan difokuskan pada pembuatan Training Syllabus dan penyusunan training material. Tahap implementasi dilakukan dengan menyusun modul dan hand out. Tahap evaluasi dilakukan untuk mengevaluasi modul training yang dibuat.Dengan menggunakan metode ADDIE, perancangan modul pembelajaran untuk unit Semi Trailer Side Tipper dapat dilakukan dengan lebih terstruktur, efektif, dan dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peserta dalam memelihara unit tersebut.
Referensi
Badrianto, Y., & Gusramlan, R. (2023). Pengaruh Kualitas Sumber Daya Manusia, Profesionalisme Kerja, dan Komitmen Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. AGILITY: Lentera Manajemen Sumber Daya Manusia, 1(01), 32–40.
Firmandari, S., Fatirul, A. N., & Walujo, D. A. (2021). Pengembangan E-Modul berbasis PTT Interaktif Dengan Model ADDIE Menggunakan Google Classroom. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 10(1), 9–14.
Kum , F. D., Cowden, R., & Karodia, A. M. (2015). The Impact of Training and Development on Employee Performance : A Case Study of Escon Consulting. Singaporean Journal of Business , Economics and Management Studies, 3(3), 72–105. https://doi.org/10.12816/0010945
Letaw, L. (2024). Project Management and Teamwork. Handbook of Software Engineering Methods.
Mahapatro, B. B. (2010). Human Resources Management. New Age International Publisher.
Mariappanadar, S. (2003). Sustainable Human Resource Strategy: The Sustainable and Unsustainable Dilemmas of Retrenchment. International Journal of Social Economics, 30(8), 906–923. https://doi.org/10.1108/03068290310483779
Nur, Z. E. H. (2022). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS E-MODUL DENGAN APLIKASI QUIZIZZ TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA. S1 Tadris Matematika IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
Piwowar-Sulej, K. (2021). Human Resources Development as an Element of Sustainable HRM – With the Focus on Production Engineers. Journal of Cleaner Production, 278, 124008. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2020.124008
Setiawan, A. (2013). Pengaruh disiplin kerja dan motivasi terhadap kinerja karyawan pada rumah sakit umum daerah kanjuruhan malang. Jurnal Ilmu Manajemen, 1(4), 1245–1253.
Yuselin, N., & Widianti, R. P. (2020). MENINGKATKAN ACHIEVEMENT RATE PENCARIAN PARTBOOK DENGAN METODE 8 STEPS DI PART & SERVICE DIVISION PT UNITED TRACTORS PANDU ENGINEERING. Technologic, 11(2).
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Neilinda Novita Aisa, Galih
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.