Pengembangan Video Tutorial sebagai Penguatan Pemahaman Perhitungan Rencana Anggaran Biaya Pada prodi PTB UNJ

Penulis

  • Muhamad Yusril Marzuki Universitas Negeri Jakarta
  • Lenggogeni Universitas Negeri Jakarta
  • Tuti Iriani Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.53494/jpvr.v4i2.493

Kata Kunci:

learning media, tutorial video, cost budget plan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa video tutorial untuk membantu mahasiswa dalam pembuatan tugas proyek mata kuliah Rencana Anggaran Biaya dan juga dapat membantu dosen pengampu mata kuliah untuk mempermudah penyampaian informasi atau ilmu perhitungan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model yang dipilih ialah Four D (4-D) yang meliputi Define (tahap pendefinisian), Design (tahap perancangan), Develop (tahap pengembangan) dan Disseminate (tahap penyebaran). Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ialah teknik pengolahan data Aiken’s V untuk data para ahli sedangkan untuk data uji praktikalitas menggunakan rumus pengolahan data oleh Purwanto. Hasil validitas materi dalam pengembangan video tutorial diperoleh skor 0.89 dengan kriteria “sangat valid”, selanjutnya hasil validitas media dalam pengembangan video tutorial diperoleh skor 0.96 dengan kriteria “sangat valid”. Sedangkan hasil uji praktikalitas diperoleh “sangat praktis” untuk kejelasan materi, keterbutuhan materi, kemudahan penyampaian, penyampaian pesan, dan kemudahan pengguna, dan diperoleh hasil “praktis” untuk motivasi, ketertarikan materi, kejelasan visual, kejelasan audio, dan durasi media.

Referensi

Adeliyanti, S., Suharto, & Hobri. (2018). Pengembangan E-Comic Matematika Berbasis Teknologi Sebagai Suplemen Pembelajaran Pada Aplikasi Fungsi Kuadrat. Kadikma, 9(1), 123–130.

Agustien, R., Umamah, N., & Sumarno, S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Dua Dimensi Situs Pekauman di Bondowoso Dengan Model Addie Mata Pelajaran Sejarah Kelas X IPS. Jurnal Edukasi, 5(1), 19. https://doi.org/10.19184/jukasi.v5i1.8010

Ali, B., & Poerwanto, B. (2017). Motivasi Dan Hasil Belajar Statistika Menggunakan Multimedia Pembelajaran Program Studi Teknik Informatika Uncp. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, November 2017, 1. http://journal.uncp.ac.id/index.php/Pedagogy/article/view/704

Andrizal, A., & Arif, A. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Sistem E-Learning Universitas Negeri Padang. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 17(2), 1–10. https://doi.org/10.24036/invotek.v17i2.75

Arthur, R., Dwi, R. N., & Lenggogeni, L. (2020). E-Module of Cost Estimating Course in Building Construction Vocational Undergraduate Program Faculty of Engineering Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Ilmu Pendidikan, 25(2), 88. https://doi.org/10.17977/um048v25i2p88-96

Beheshti, M., Taspolat, A., Kaya, O. S., & Sapanca, H. F. (2018). Characteristics of instructional videos. World Journal on Educational Technology: Current Issues., 10(2), 79–87. https://doi.org/10.18844/wjet.v10i2.3418

Birundha, S. (2020). Effectiveness of Flipped Classroom in Teaching Organic Chemistry at Standard XI. Shanlax International Journal of Education, 9(1), 198–204. http://ezproxy.universidadeuropea.es/login?url=https://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&db=eric&AN=EJ1277804&lang=es&site=ehost-live&scope=site

Hikmah, V. N., & Purnamasari, I. (2017). Pengembangan Video Animasi “Bang Dasi” Berbasis Aplikasi Camtasia Pada Materi Bangun Datar Kelas V Sekolah Dasar. Mimbar Sekolah Dasar, 4(2), 182–191. https://doi.org/10.23819/mimbar-sd.v4i2.6352

Hootsuite, & Social, W. are. (2022). Digital 2022. datareportal.com

Kiattisak, K. (2021). The Production of Instructional Videos for Teaching Kammalor Drawing for Thai University Students Majoring in Arts Education. Shanlax International Journal of Education, 9(4), 407–413. https://doi.org/10.34293/education.v9i4.4212

Masithah, I., Jufri, A. W., & Ramdani, A. (2022). Bahan Ajar IPA Berbasis Inkuiri Untuk Meningkatkan Literasi Sains. Journal of Clasroom Action Research, 4(2), 147–151. https://doi.org/10.29303/jcar.v4i1.1758

Maulana, A., Sekartaji, G. T., Arthur, R., & Dewi, L. K. (2019). Pengembangan Media Video Presentasi Pada Mata Kuliah Hidrologi Di Universitas Negeri Jakarta. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(2), 170. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v7n2.p170--183

Nurfitriyani, S. A. (2022). PENERAPAN VIDEO PEMBELAJARAN CARA MENGHITUNG VOLUME PEKERJAAN KONSTRUKSI BANGUNAN GEDUNG Sintya Andryati Nurfitriyani. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 7(1), 40–50.

Nurhayati, N., & Kurniawati, D. (2024). Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learning Berbantuan Aplikasi PhET Pada Materi Asam Basa Fase F. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 874–881. https://doi.org/10.31004/jptam.v8i1.12480

Ponza, P. J. R., Jampel, I. N., & Sudarma, I. K. (2018). Pengembangan Media Video Animasi pada Pembelajaran Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 6(1), 9–19.

Rifaldi, M. (2021). META ANALISIS PENGARUH PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MATA PELAJARAN ESTIMASI BIAYA KONSTRUKSI. Kajian Pendidikan Teknik Bangunan, 7, 1–8.

Riyanto, A., & Yunani, E. (2020). the Effectiveness of Video As a Tutorial Learning Media in Muhadhoroh Subject. Akademika, 9(02), 73–80. https://doi.org/10.34005/akademika.v9i02.1088

Rofiah, M. D., & Suryanto, M. (2021). Studi Tentang Model dan Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran Estimasi Biaya Konstruksi di SMK. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan, 7(2).

Sahida, D. (2020). Praktikalitas Handout Berbentuk Komik Fisika Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik. Edu Research, 1(2), 29–34. https://doi.org/10.47827/vol1iss2pp29-34

Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan.

Yaron, G. (2018). Video-Based Learning of Quantitative Courses in Higher Education. I-Manager’s Journal of Educational Technology, 15(2), 16. https://doi.org/10.26634/jet.15.2.14302

Yuen, M.-C., Koo, A.-C., & Woods, P. (2018). Online Video for Self-Directed Learning in Digital Animation. Turkish Online Journal of Educational Technology - TOJET, 17(3), 91–103.

Unduhan

Diterbitkan

2024-10-28

Cara Mengutip

Marzuki, M. Y., Lenggogeni, & Iriani, T. (2024). Pengembangan Video Tutorial sebagai Penguatan Pemahaman Perhitungan Rencana Anggaran Biaya Pada prodi PTB UNJ. Jurnal Pendidikan Vokasi Raflesia, 4(2), 84–96. https://doi.org/10.53494/jpvr.v4i2.493