Implementasi Model Pembelajaran Project-Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Konstruksi dan Utilitas

Penulis

  • Fasha Aulia Desiana Universitas Pendidikan Indonesia
  • Johar Maknun Universitas Pendidikan Indonesia
  • Lucy Yosita Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.53494/jpvr.v5i2.502

Kata Kunci:

Critical thinking, learning model, Project-Based Learning

Abstrak

Kemampuan berpikir yang kritis dibutuhkan pada mata pelajaran Konstruksi dan Utilitas Gedung (KUG) dalam proses pemahamannya. Oleh karena itu, dibutuhkan model pembelajaran yang mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk melihat implementasi pembelajaran menggunakan model pembelajaran Project-Based Learning dan melihat apakah terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa setelah menggunakan model pembelajaran Project-Based Learning. Metode penelitian ini menggunakan metode Quasi Experimental Design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis statistik parametris. Penelitian ini terdiri dari pelaksanaan model pembelajaran Project-Based Learning, gambaran kemampuan berpikir kritis siswa, dan peningkatan kemampuan berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa yang melaksanakan model pembelajaran Project-Based Learning pada mata pelajaran pelajaran Konstruksi dan Utilitas Gedung (KUG) di SMK PU Negeri Bandung dengan peningkatan sebesar 47,0546% pada kategori sedang. Dengan penerapan model pembelajaran Project-Based Learning mampu menciptakan pembelajaran yang dinamis dan interaktif, yang mampu untuk mendorong siswa untuk mengembangkan dan mempraktikkan kemampuan berpikir kritisnya.

Referensi

Amini, R., Setiawan, B., Fitria, Y., & Ningsih, Y. (2019). The difference of students learning outcomes using the Project-Based Learning and problem-based learning model in terms of self-efficacy. Journal of Physics: Conference Series, 1387(1), 012082. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1387/1/012082

Aprilianti, L. Irawati, S & Kasrina. (2018). Peningkatan Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar Siswa dengan Model Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi. 2(1):58-67.

Budiono, S., Setyariza, N. A., Kusumawardani, I., Widayati, S. E., & Handayani, Y. (2024). Analisis Pembelajaran Berbasis Project Based Learning dalam Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik. TSAQOFAH, 4(5), 3447–3455. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v4i5.3323

Chikita, D., Sari, D. P., & Puspitasari, R. (2023). PENERAPAN PERENCANAAN MODEL PEMBELAJARAN TEACHER CENTER DI MTs NEGERI 2 REJANG LEBONG. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 2(3).

Daniel, F. (n.d.). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Implementasi Project Based Learning (PJBL) Berpendekatan Saintifik.

Djamarah, S. B., & Zain, A. (2014). Strategi Belajar Mengajar (5th ed.). Rineka Cipta.

Dores ,S.Pd., M.Pd, O. J., Wibowo, D. C., & Susanti, S. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran matematika. J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 242–254. https://doi.org/10.31932/j-pimat.v2i2.889

Ennis, R. H. (2011). The nature of critical thinking: An outline of critical thinking dispositions and abilities. Presentation at the Sixth International Conference on Thinking at MIT, Cambridge, MA, July, 1994. Faculty. Education. Illinois. Edu.Gay, L. R. Mills, G. E. Airasian, P. (2012). Educational research : competencies for analysis. Pearson Education

Gayman, C. M., & Jimenez, S. T. (2020). Varying the Preparation Guide and Group Discussion in a Classroom Analysis of Interteaching. Journal of the Scholarship of Teaching and Learning, 20(2). https://doi.org/10.14434/josotl.v20i2.26120

Guo, P., Saab, N., Post, L. S., & Admiraal, W. (2020). A review of Project-Based Learning in higher education: Student outcomes and measures. International Journal of Educational Research, 102. https://doi.org/10.1016/j.ijer.2020.101586

Harsono. (2006). Kearifan dalam Transformasi Pembelajaran: Dari Teacher-Centered ke Student-Centered Learning. Jurnal Pendidikan Kedokteran Den Profesi Kesehatan Indonesia , 1(1).

Mayasari, A., Arifudin, O., Juliawati, E., & Sabili Bandung, S. (2022). IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN PEMBELAJARAN (Vol. 3, Issue 2).

Nida Winarti, Maula, L. H., Amalia, A. R., Pratiwi, N. L., & Nandang. (2022). PENERAPAN model pembelajaran project based learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 552–563. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2419

Syafiuddin Sambas, P. (2017). FAKTOR INTERNAL DAN EKSTERNAL PEMBELAJARAN. Tarbiya Islamica, 5(1), 17–30. Insitut Agama Islam Sultan Muhammad

Pandu, R., Purnamasari, I., Nuvitalia Universitas PGRI Semarang, D., Sidodadi Timur No, J., Semarang Timur, K., Semarang, K., & Tengah Abstract, J. (2023). Pengaruh Pertanyaan Pemantik Terhadap Kemampuan Bernalar Kritis dan Hasil Belajar Peserta Didik. 1(2), 127–134. https://journal.cvsupernova.com/index.php/pe

Parni. (n.d.). FAKTOR INTERNAL DAN EKSTERNAL PEMBELAJARAN. Tarbiya Islamica, 5(2), 53–64. https://doi.org/https://doi.org/10.37567/ti.v5i2.1548

Pratiwi. T. P., Setyaningtyas, E. W., (2020). KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SD DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROLEM-BASED LEARNING DAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT-BASED LEARNING (Vol. 4, Issue 2). https://jbasic.org/index.php/basicedu

Shandomo, H. M. (2020). The Role of Critical Reflection in Teacher Education. National Association for Professional Development Schools. College of Education University of South Carolina, 4(1):101-113.

Sujiono, (2010). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Wahab, A., & Syahid, A. (2021). Education and Learning Journal Penyajian Data Dalam Tabel Distribusi Frekuensi Dan Aplikasinya Pada Ilmu Pendidikan. 2(1), 40–48. http://jurnal.fai@umi.ac.id

Wibawanto, H., Thamrin, A., & Nurhidayati, A. (2019). Kualitas Butir Soal Ujian Konstruksi Dan Utilitas Gedung Kelas XI SMK kompetensi Keahlian Desain Permodelan Dan Informasi bangunan. Indonesian Journal Of Civil Engineering Education, 22(2), 111–124. https://doi.org/10.20961/paedagogia.v22i2.38571

Winarti, N., Hamdani Maula, L., Rizqia Amalia, A., Liany Ariesta Pratiwi, N., Muhammadiyah Sukabumi, U., & Negeri Rambay, S. (2022). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3). https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2419

Unduhan

Diterbitkan

2025-04-24

Cara Mengutip

Desiana, F. A., Maknun, J., & Yosita, L. (2025). Implementasi Model Pembelajaran Project-Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Konstruksi dan Utilitas. Jurnal Pendidikan Vokasi Raflesia, 5(1), 17–31. https://doi.org/10.53494/jpvr.v5i2.502