Implementasi Model Pembelajaran Project-Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Konstruksi dan Utilitas
DOI:
https://doi.org/10.53494/jpvr.v5i2.502Kata Kunci:
Critical thinking, learning model, Project-Based LearningAbstrak
Kemampuan berpikir yang kritis dibutuhkan pada mata pelajaran Konstruksi dan Utilitas Gedung (KUG) dalam proses pemahamannya. Oleh karena itu, dibutuhkan model pembelajaran yang mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk melihat implementasi pembelajaran menggunakan model pembelajaran Project-Based Learning dan melihat apakah terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa setelah menggunakan model pembelajaran Project-Based Learning. Metode penelitian ini menggunakan metode Quasi Experimental Design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis statistik parametris. Penelitian ini terdiri dari pelaksanaan model pembelajaran Project-Based Learning, gambaran kemampuan berpikir kritis siswa, dan peningkatan kemampuan berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa yang melaksanakan model pembelajaran Project-Based Learning pada mata pelajaran pelajaran Konstruksi dan Utilitas Gedung (KUG) di SMK PU Negeri Bandung dengan peningkatan sebesar 47,0546% pada kategori sedang. Dengan penerapan model pembelajaran Project-Based Learning mampu menciptakan pembelajaran yang dinamis dan interaktif, yang mampu untuk mendorong siswa untuk mengembangkan dan mempraktikkan kemampuan berpikir kritisnya.
Referensi
Amini, R., Setiawan, B., Fitria, Y., & Ningsih, Y. (2019). The difference of students learning outcomes using the Project-Based Learning and problem-based learning model in terms of self-efficacy. Journal of Physics: Conference Series, 1387(1), 012082. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1387/1/012082
Aprilianti, L. Irawati, S & Kasrina. (2018). Peningkatan Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar Siswa dengan Model Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi. 2(1):58-67.
Budiono, S., Setyariza, N. A., Kusumawardani, I., Widayati, S. E., & Handayani, Y. (2024). Analisis Pembelajaran Berbasis Project Based Learning dalam Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik. TSAQOFAH, 4(5), 3447–3455. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v4i5.3323
Chikita, D., Sari, D. P., & Puspitasari, R. (2023). PENERAPAN PERENCANAAN MODEL PEMBELAJARAN TEACHER CENTER DI MTs NEGERI 2 REJANG LEBONG. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 2(3).
Daniel, F. (n.d.). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Implementasi Project Based Learning (PJBL) Berpendekatan Saintifik.
Djamarah, S. B., & Zain, A. (2014). Strategi Belajar Mengajar (5th ed.). Rineka Cipta.
Dores ,S.Pd., M.Pd, O. J., Wibowo, D. C., & Susanti, S. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran matematika. J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 242–254. https://doi.org/10.31932/j-pimat.v2i2.889
Ennis, R. H. (2011). The nature of critical thinking: An outline of critical thinking dispositions and abilities. Presentation at the Sixth International Conference on Thinking at MIT, Cambridge, MA, July, 1994. Faculty. Education. Illinois. Edu.Gay, L. R. Mills, G. E. Airasian, P. (2012). Educational research : competencies for analysis. Pearson Education
Gayman, C. M., & Jimenez, S. T. (2020). Varying the Preparation Guide and Group Discussion in a Classroom Analysis of Interteaching. Journal of the Scholarship of Teaching and Learning, 20(2). https://doi.org/10.14434/josotl.v20i2.26120
Guo, P., Saab, N., Post, L. S., & Admiraal, W. (2020). A review of Project-Based Learning in higher education: Student outcomes and measures. International Journal of Educational Research, 102. https://doi.org/10.1016/j.ijer.2020.101586
Harsono. (2006). Kearifan dalam Transformasi Pembelajaran: Dari Teacher-Centered ke Student-Centered Learning. Jurnal Pendidikan Kedokteran Den Profesi Kesehatan Indonesia , 1(1).
Mayasari, A., Arifudin, O., Juliawati, E., & Sabili Bandung, S. (2022). IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN PEMBELAJARAN (Vol. 3, Issue 2).
Nida Winarti, Maula, L. H., Amalia, A. R., Pratiwi, N. L., & Nandang. (2022). PENERAPAN model pembelajaran project based learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 552–563. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2419
Syafiuddin Sambas, P. (2017). FAKTOR INTERNAL DAN EKSTERNAL PEMBELAJARAN. Tarbiya Islamica, 5(1), 17–30. Insitut Agama Islam Sultan Muhammad
Pandu, R., Purnamasari, I., Nuvitalia Universitas PGRI Semarang, D., Sidodadi Timur No, J., Semarang Timur, K., Semarang, K., & Tengah Abstract, J. (2023). Pengaruh Pertanyaan Pemantik Terhadap Kemampuan Bernalar Kritis dan Hasil Belajar Peserta Didik. 1(2), 127–134. https://journal.cvsupernova.com/index.php/pe
Parni. (n.d.). FAKTOR INTERNAL DAN EKSTERNAL PEMBELAJARAN. Tarbiya Islamica, 5(2), 53–64. https://doi.org/https://doi.org/10.37567/ti.v5i2.1548
Pratiwi. T. P., Setyaningtyas, E. W., (2020). KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SD DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROLEM-BASED LEARNING DAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT-BASED LEARNING (Vol. 4, Issue 2). https://jbasic.org/index.php/basicedu
Shandomo, H. M. (2020). The Role of Critical Reflection in Teacher Education. National Association for Professional Development Schools. College of Education University of South Carolina, 4(1):101-113.
Sujiono, (2010). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Wahab, A., & Syahid, A. (2021). Education and Learning Journal Penyajian Data Dalam Tabel Distribusi Frekuensi Dan Aplikasinya Pada Ilmu Pendidikan. 2(1), 40–48. http://jurnal.fai@umi.ac.id
Wibawanto, H., Thamrin, A., & Nurhidayati, A. (2019). Kualitas Butir Soal Ujian Konstruksi Dan Utilitas Gedung Kelas XI SMK kompetensi Keahlian Desain Permodelan Dan Informasi bangunan. Indonesian Journal Of Civil Engineering Education, 22(2), 111–124. https://doi.org/10.20961/paedagogia.v22i2.38571
Winarti, N., Hamdani Maula, L., Rizqia Amalia, A., Liany Ariesta Pratiwi, N., Muhammadiyah Sukabumi, U., & Negeri Rambay, S. (2022). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3). https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2419
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Fasha Aulia Desiana, Johar Maknun, Lucy Yosita

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.