Pendampingan Rebranding Produk TEFA Berbantuan Augmented Reality sebagai Optimasi Kompetensi Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Guru SMKN 1 Majalaya

Penulis

  • Ayung Candra Padmasari Universitas Pendidikan Indonesia
  • Cucu Sutianah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Irvan Satrya Prana Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.53494/jpvr.v4i2.511

Kata Kunci:

Rebranding, TEFA, TPACK, Augmented Reality

Abstrak

Potensi produk Teaching Factory (TEFA) yang dimiliki sekolah menengah kejuruan menjadi peluang besar bagi kemajuan pendidikan industri di Indonesia, terutama dalam potensi keterampilan teknis, keterampilan sosial, dan kemampuan untuk berpikir kritis yang diperlukan industri saat ini. Oleh sebab itu, penting kiranya seorang guru untuk fokus mengembangkan kerangka berpikir yang berbasis teknologi. Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) adalah pengetahuan tentang pentingnya integrasi antara teknologi dan pedagogik dalam pengembangan konten di dunia pendidikan. Pendekatan ini diharapkan mampu memberikan arahan baru bagi guru tentang bagaimana menerapkan teknologi di dalam pembelajaran, sehingga kegiatan pembelajaran bisa berjalan secara efektif dan efisien. Kegiatan pendampingan ini adalah bentuk kolaborasi universitas kepada sekolah, terutama dalam penguatan kompetensi guru. Potensi kolaborasi ini mampu mendukung Renstra UPI 2021-2025 tentang program peningkatan inovasi bidang pendidikan dan nonpendidikan yang dihasilkan dari riset unggulan berskala nasional, regional, dan internasional. Serta capaian Indikator Kinerja Utama (IKU) Perguruan Tinggi, terutama IKU 2, 3, dan 7. Serta tujuan SDG’s nomor 4 tentang pendidikan berkualitas, pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi. Terkait dengan hal tersebut, urgensi kegiatan ini adalah mendorong guru SMK untuk memiliki ide kreatif dalam mengelola produk TEFA melalui penguatan kompetensi TPACK. Dimana sering ditemukan produk TEFA kurang berdaya saing karena kurangnya wawasan teknologi terbaru, bahkan orientasi konsep pengembangan produk TEFA yang tidak sesuai dengan perkembangan zaman. Pendampingan ini diupayakan dapat membantu guru SMK dalam menguatkan strategi pembelajaran dan motivasi berkarya pada kompetensi yang dimiliki. Program pendampingan dibagi menjadi lima tahapan meliputi Proof of Concept, Prototype, Minimum Viable Product, Product Market Fit, serta pendampingan rebranding produk TEFA berbantuan augmented reality. Luaran yang dihasilkan adalah 1) Publikasi jurnal nasional ter-akreditasi, 2) Publikasi media massa, 3) HKI, 4) Dokumentasi di Youtube, 5) Pemanfaatan hasil PkM oleh mitra, dan 6) Pemakalah di seminar nasional.

Referensi

Amrina, Z., Anwar, V. N., Alvino, J., & Sari, S. G. (2022). Analisis Technological Pedagogical Content Knowledge Terhadap Kemampuan Menyusun Perangkat Pembelajaran Matematika Daring Calon Guru SD. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 1069–1079. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1313

Bermúdez, K., & Caro, K. (2023). Computers & education : x reality effect of an augmented reality app on academic achievement , motivation , and technology acceptance of university students of a chemistry course. 2(April), 1–9. https://doi.org/10.1016/j.cexr.2023.100022

Fakhriyah, F., Masfuah, S., Hilyana, F. S., & Mamat, N. (2022). Analysis of Technological Pedagogical Content Knowledge (Tpack) Ability Based on Science Literacy for Pre-Service Primary School Teachers in Learning Science Concepts. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 11(3), 399–411. https://doi.org/10.15294/jpii.v11i3.37305

Fitrihana, N. (2018). Rancangan Pembelajaran Teaching Factory. HEJ (Jurnal Economic Journal), 2(2), 56–64.

Golomingi, R., Dobay, A., Franckenberg, S., Ebert, L., & Sieberth, T. (2023). Augmented reality in forensics and forensic medicine – current status and future prospects. Science and Justice, 63(4), 451–455. https://doi.org/10.1016/j.scijus.2023.04.009

Hari, K., Dewi, S., Gede, I. P., Sudiatmika, A., Rahardian, R. L., & Pradipta, I. M. (2024). Pengaruh Kompetensi Technological Pedagogical Content Knowledge ( TPACK ) Terhadap Keterampilan Guru SMK Dalam Merancang Perangkat Pembelajaran Berbasis Digital. 06(02), 13943–13953.

Hasrul, H., Miru, A. S., & Nensi, S. (2022). Studi Implementasi Technological Pedagogical and Content Knowledge (Tpack) Di Smk Negeri 5 Makassar. Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan, 1(2), 72. https://doi.org/10.59562/progresif.v1i2.31992

Lenurra, F., & Pratiwi, D. (2017). Penerapan teknologi augmented reality sebagai media promosi apartemen dengan metode markerless. Seminar Nasional Cendikiawan, 3(October), 77–83. https://www.trijurnal.lemlit.trisakti.ac.id/semnas/article/view/2167/1849

Rahmatiah, R., Sarjan, M., Muliadi, A., Azizi, A., Hamidi, H., Fauzi, I., Yamin, M., Muttaqin, M. Z. H., Ardiansyah, B., Rasyidi, M., Sudirman, S., & Khery, Y. (2022). Kerangka Kerja TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge) dalam Perspektif Filsafat Ilmu Untuk Menyongsong Pendidikan Masa Depan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4). https://doi.org/10.29303/jipp.v7i4.1069

Saputri, S., Sabri, T., & Kartono, K. (2021). Analisis Keterampilan Guru Dalam Menggunakan Media Pada Pembelajaran Tematik Kelas V Sd. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 11(1). https://doi.org/10.26418/jppk.v11i1.51767

Schmid, M., Brianza, E., Mok, S. Y., & Petko, D. (2024). Running in circles: A systematic review of reviews on technological pedagogical content knowledge (TPACK). Computers and Education, 214(March), 105024. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2024.105024

Suari, M. T. Y., Telagawathi, N. L. W. S., & Yulianthini, N. N. (2019). Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Bisma: Jurnal Manajemen, 5(1), 26–33.

Suyamto, J., Masykuri, M., & Sarwanto, S. (2020). Analisis Kemampuan Tpack (Technolgical, Pedagogical, and Content, Knowledge) Guru Biologi Sma Dalam Menyusun Perangkat Pembelajaran Materi Sistem Peredaran Darah. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 9(1), 46. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v9i1.41381

Yusuf, M. (2023). Keunggulan SMKN 1 Majalaya Menciptakan SDM Tangguh. Radio Republik Indonesia. https://www.rri.co.id/bandung/daerah/413087/keunggulan-smkn-1-majalaya-menciptakan-sdm-tangguh

Unduhan

Diterbitkan

2024-10-28

Cara Mengutip

Padmasari, A. C., Sutianah, C., & Prana, I. S. (2024). Pendampingan Rebranding Produk TEFA Berbantuan Augmented Reality sebagai Optimasi Kompetensi Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Guru SMKN 1 Majalaya. Jurnal Pendidikan Vokasi Raflesia, 4(2), 75–83. https://doi.org/10.53494/jpvr.v4i2.511