Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD melalui Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Media PPT Interaktif
DOI:
https://doi.org/10.53494/jpvr.v5i2.878Kata Kunci:
Model Pembelajaran Inkuiri, Berpikir Kritis, MatematikaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa SD menggunakan model pembelajaran inkuiri berbantu media power point interaktif. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 37 Lubuklinggau. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK), dengan subjek penelitian peserta didik kelas IV SD N 37 Lubuklinggau, sebanyak 20 peserta didik. Teknik pengumpulan data dengan tes, dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan deskriptif kuantatif. Penelitian terdiri dari dua siklus dan setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan berpikir kritis pada siswa kelas IV SD N 37 Lubuklinggau menggunakan menggunakan model pembelajaran inkuiri. Pada siklus 1 siswa memperoleh nilai rata-rata siswa 31,25 dan Siklus 2 nilai rata-rata 89.50. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa menggunakan model pembelajaran inkuiri berbantu media power point interaktif dapat meningkatkan berpikir kritis pembelajaran matematika siswa sekolah dasar.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Novianti Mandasari, Nur Fitriyana, Bayu Putra Irawan

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.