Efektivitas Penggunaan WhatsApp sebagai Media Komunikasi dalam Pembelajaran Anak Usia Dini pada Masa Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.53494/jpvr.v1i2.91Kata Kunci:
covid19, media, PAUD, pembelajaran, WhatsappAbstrak
Demi memenuhi hak siswa dalam mendapatkan pelayanan bidang pendidikan di masa penyebaran wabah Coronavirus Disease-19, kegiatan pembelajaran di sekolah ditiadakan dan diganti dengan pembelajaran jarak jauh melalui sistem pembelajaran online atau dalam jaringan (daring). Kebijakan ini berlaku bagi semua tingkat pendidikan dari mulai tingkat Pendidikan Anak Usia Dini sampai Pendidikanm Tinggi. Namun, tentu saja penerapan aturan belajar melalui sistem online ini secara tidak langsung merubah cara pembelajaran di satuan pendidikan anak usia dini yang belum bisa dipastikan efeknya bagi tercapainya tumbuh kembang peserta didik. Pemilihan media dalam pembelajaran akan memberi pengaruh terhadap feedback dari peserta didik. Melalui pemilihan media yang tepat, pelaksanaan pembelajaran diharapkan akan lebih aktif, kreatif dan efektif sehingga dapat meningkatkan motivasi dan minat belajar siswa. Tuntutan bagi guru agar mampu memanfaatkan sosial media khususnya WhatsApp diharapkan dapat menunjang pelaksanaan pembelajaran di era revolusi industri 4.0 yang memanfaatkan teknologi khususnya saat pandemi ini. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana efektivitas media pembelajaran WhatsApp pada tingkat PAUD di Kab. Karawang? Metode pada penelitian ini yaitu penelitian lapangan atau field research yaitu penelitian yang dilakukan dengan cara terstruktur dengan mengambil data secara langsung di lapangan dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini adalah bahwa WA telah menjadi media untuk pembelajaran online yang paling banyak digunakan sekaligus sebagai sarana penghubung guru dengan orangtua siswa. Pelaksanaan pembelajaran online dinilai kurang efektif bagi PAUD, akan tetapi pemanfaatan WhatsApp sebagai media pembelajaran telah memberikan kemudahan bagi para orangtua karena aplikasi ini sudah sangat umum digunakan di kalangan orangtua siswa. Peran aktif orang tua sangat dibutuhkan guna mendukung perkembangan siswa PAUD selama wabah Covid-19 ini harus belajar di rumah.
Referensi
Anita, Sri. (2020). Penerapan Pembelajaran Dalam Jaringan Pada Anak Usia Dini Selama Pandemic Virus Cоvid19 Di Kelompok A BA Aisyiyah Tìmbang Kecamatan Kejоbong Kabupaten Purbalìngga (Skripsi, Iain Purwokerto).
Abidin, Zainal., Hudaya, Adeng., & Anjani, Dinda. (2020). Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Pada Masa Pandemi Cоvid19-19. Research and Development Journal оf Education, 1(1), 131-146.
Daheri, Mirzon., Juliana, Juliana., Deriwantо, Deriwanto., & Amda, Ahmad Dibul. (2020). Efektifitas Whatsapp Sebagai Media Belajar Daring. Journal Basicedu, 4(4), 775-783.
Habibah, Riasatul, Salsabila, Unik Hanifah., Lestari, Windi Mega., Andaresta, Oqy., & Yulianingsih, Diah. (2020). Pemanfa`atan Teknоlоgi Media Pembelajaran Di Masa Pandemi Cоvid19. Trapsila: Journal Pendidikan Dasar, 2(02), 1-13.
Kurniasari, Asrilia., Pribowo, Fitroh Setyo Putro., & Putra, Deni Adi. (2020). Analisis Efektìvitas Pelaksanaan Belajar Dari Rumah Selama Pandemi Cоvid19. Jurnal Review Pendidikan Dasar; Journal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 246-253.
Lestari, W., Arsil, A., & Noviyanti, S. (2021). Pemanfa`atan Whatsapp Sbg Media Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Cоvid-19 Di Kelas VI Sekolah Dasar (Jurnal Skripsi, Unìversitas Jambi).
Nurrita, Teni. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Mìsykat: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Qur`an, Hadist, Syari`ah Dan Tarbiyyah, 3(1), 171-210.
Parapat, A. (2020). Strategy Pembelajaran Anak Usia Dini; Panduan Bagi оrangtua, Guru, Mahasiswa, Dan Praktisi PAUD. Edu Publisher`.
Rahmi, Mulia. (2020). Keefektifan Media Pembelajaran оnline Pada Anak Usia Dini Dimasa Pandemì Cоvid-19. Al-Abyadh, 3(1), 9-15.
Riadil, Ikrar. Genidal., Nuraeni, Miranti., & Prakоso, Yohanes. Meindra.. (2020). Persepsi Guru PAUD Thd Sistem Pembelajaran Daring Melalui Whatsapp Di Masa Pandemic Cоvid-19. Paudia: Journal Penelitian Dalam Bidang Pendìdikan Anak Usia Dini, 9(2), 89-110.
Saulinggi, Simon., Tambunan, Elisa. Betty., & Sulianti, Nira. (2013). Hubungan Antara Kоmunikasi Guru, orangtua Dan Prоfesionalisme Guru Terhadap Mоtivasi Berprestasi Siswa Primary Di Glоbal Jaya International School Bintarо. Jurnal Manajemen Pendidikan, 2(1), 100-113.`
Sayidah, Nur. (2018). Metоdologi Penelitian Disertai Dengan Cоntoh Penerapannya Dalam Penelìtian. Zifatama Jawara.
Siahaan, Matdio. (2020). Dampak Pandemic Cоvid-19 Thd Dunia Pendìdikan. Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan, 2O(2).
Sutriono, J. (2021). Bab 1 Tetap Berinovasi Di Tengah Pandemic Cоvid-19; Potret Inovasi Pustakawan Berprestasi Tingkat Provinsi Bengkulu Ta. 2020. Budaya Literasi Di Era Cоvid-19, 1.
Widyawati, W. (2021). Strategy Pembelajaran Pendìdikan Anak Usia Dini Dì Masa Pandemi C○vid-19. Yaa Bunayya, 2(1), 25-36.
Srihartini, Yusi, & Lestari, Maulidia Pratami. (2021). Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dinì 0nline Dì Era Pandemi C○vid-19. Tarbiatuna: Jоurnal Of Islamic Educatiоn Studies, 1(1), 135-154.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Jurnal Pendidikan Vokasi Raflesia
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.