Kinerja Keuangan Terhadap Pengungkapan Islamic Social Reporting
DOI:
https://doi.org/10.53494/jira.v9i2.236Kata Kunci:
Kata kunci : Profitabilias, Leverage, Islamic Social ReportingAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja keuangan yang di ukur dengan menngunakan rasio profitabilitas dan leverage terhadap pengungkapan islamic social reporting pada bank umum syariah yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tahun 2017-2021. Profitbalitas dalam penelitian ini diukur menggunakan returun on equity (ROE), leverage dalam penelitian ini diukur menggunakan debt to equity ratio (DER). Populasi penelitian ini adalah bank umum syariah yang terdaftar di otoritas jasa keuangan.Sampel penelitian ini menggunakan purposive sampling. Berdasarkan metode ini diperoleh sampel perusahaan sebanyak 10 bank umum syariah. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan regresi linear berganda, dengan menentukan model yang anakn digunakan dibantu dengan menggunakan program eviews, dengan hasil variable Profitabilitas tidak berpengaruh terhadap Islamic social reporting . yang artinya Setiap kenaikan Profitabilitas tidak mempengaruhi kegiatan sosial Bank Umum Syariah di Indonesia, Variable Leverage berpengaruh positif terhadap pengungkapan Islamic social reporting .yang artinya setiap kenaikan jumlah ukuran perusahan dapat meningkatkan kegiatan sosial Bank Umum Syariah di Indonesia, Variabel Profitabilitas dan Leverage secara bersama-sama atau simultan berpengaruh terhadap pengukapan Islamic social reporting.
Referensi
Antonio, Muhammad Syafi’i, Yulizar D. Sanrego, & Muhammad Taufiq. 2012. An Analysis of Islamic Banking Performance: Maqasid Index Implementation in Indonesia and Jordania. Journal of Islamic Finance, Vol. 1, No. 1, hal. 12-29.
Antonio, Muhammad Syafi’i. 2001. Bank Syariah dari Teori ke Praktik. Gema Insani. Jakarta.
Barnas. Alyssa Natasya; Hapsari, Dini Wahjoe; Yudowati, Siska Priyandani. Pengaruh Profitabilitas Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (Studi Empiris pada Perusahaan Subsektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2011-2014, eProceeding of Management : Vol.3, No.2 Agustus 2016 | Page 1566
Dewi. 2012. Analisis Pengaruh Profitabilitas,Leverage,Ukuran Perusahaan,dan Porsi Kepemilikan publik atas saham Terhadap Pengungkapan Islamic Social Reporting Pada Perusahaan Jakarta Islamic Index. Depok: Universitas Indonesia.
Dewi, Indah Fitri Karunia. 2012. Analisis Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan, dan Porsi Kepemilikan Publik Atas Saham Terhadap Pengungkapan Islamic Social Reporting Pada Perusahaan Jakarta Islamic Index. Depok: Universitas Indonesia.
Fritia, Soraya & Dwi Hartanti. 2010. Islam dan Tanggung Jawab Sosial: Studi Perbandingan Pengungkapan Berdasarkan Global Reporting Initiative Index dan Islamic Social Reporting Index. Simposium Nasional Akuntansi XIII.
Haniffa, Roszaini. 2002. Social Reporting Disclosure-An Islamic Perspective. Indonesian Management & Accounting Research, Vol. 1 No. 2, hal. 128-146
Kuppusamy, Mudiarasan Vasu, Ali Salman Saleh, & Ananda R. Samudhram. 2010. Measurement of Islamic Banks Performance Using a Shariah EkBis: Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Vol. 2, No. 1. Halaman 72-95 94 Conformity and Profitability Model. Review of Islamic Economics, Vol. 13, No. 2, hal. 35–48.
Othman, e. 2009. Determinants Of Islamic Social Reporting Among Top Sharia Approved Companies in Bursa Malaysia. Research Journal Of International Studies.
Othman, R., A. Md. Thani, & E.K. Ghani. 2009. Determinants of Islamic Social Reporting Among Top Shariah-Approved Companies in Bursa Malaysia. Research Journal of International Studies, Issue 12, hal. 4-20.
Purwanto, A. 2011. Pengaruh Tipe Industri, Ukuran Perusahaan,Profitabilitas,Terhadap Corporate Social Responsibility. Jurnal Akuntansi dan Auditing Vol.8 No.1, 1-94.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Khoirunnisa Azzahra, Siti Chaerunisa Prastiani
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.