Analisis SWOT sebagai Penentu Strategi Persaingan pada Toko Slamet Pasar Pusat Pekanbaru
DOI:
https://doi.org/10.53494/jira.v10i2.327Abstrak
SWOT analysis is useful for evaluating the strengths, weaknesses, and competitive advantages possessed by Toko Slamet with the aim that its business can still run in the midst of such a competitive competition, it must have strategic planning. To find out good planning and strategic, a data obtained by qualitative methods is needed. Based on the results of the study, the conclusion of Toko Slamet's SWOT analysis is that by using the Strength-Threats strategy, it can help Toko Slamet through the threats it is facing.
Referensi
Andriani, N. and Syarvina, W. (2022) ‘SWOT Analysis on PT. Bank Sumut Syariah Sub-Branch Binjai’, Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi dan Keuangan, 3(2), pp. 681–686.
Fatimah, F. and Tyas, W.M. (2020) ‘Strategi Bersaing Umkm Rumah Makan Di Saat Pandemi Covid 19’, Jurnal Penelitian IPTEKS, 5(2), pp. 245–253.
Gunawan, B. et al. (2020) ‘Strategi pengembangan teknologi e-commerce UMKM Rumah Sayur lembang menggunakan metode analisis SWOT’, Jurnal Teknologi Dan Open Source, 3(1), pp. 1–13.
Kamaluddin, I. (2020) ‘Analisis SWOT untuk merumuskan strategi bersaing pada PT. Menara Angkasa Semesta Cabang Sentani’, Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 1(4), pp. 342–354.
Khasandra, M.F. (2017) ANALISIS SWOT BISNIS LAUNDRY UD RAFA LAUNDRY KLINDOCARE DI DURI PROVINSI RIAU (STUDI FORMULASI STRATEGI BERSAING), JOM FISIP.
Kumbara, A. (2020) ‘Strategi Management Analisis Swot Pada Lucky Textile Group Dalam Menghadapi Persaingan Industri Textile’, Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 1(5), pp. 464–474.
Maryani, L. and Chaniago, H. (2019) ‘Peran Strategi Bisnis Dalam Meningkatkan Keunggulan Bersaing di Industri Fashion’, J. Ris. Bisnis dan Investasi, 5(1), pp. 48–60.
Masruroh, A. et al. (2023) ‘Strategi Bersaing UMKM di Tengah Pandemi Covid-19 Menggunakan Analisis SWOT (Studi Kasus UMKM Arusmaya Tuban)’, Jurnal Manajemen Dan Inovasi (MANOVA), 6(1), pp. 1–14.
Nggini, Y.H. (2019) ‘Analisis Swot (Strength, Weaknes, Opportunity, Threats) Terhadap Kebijakan Pengembangan Pariwisata Provinsi Bali’, Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial, 3(1), pp. 141–152.
Pondaag, T.O. and Soegoto, A.S. (2016) ‘Evaluasi Strategi Promosi dan Penjualan terhadap Keunggulan Bersaing pada PT. Astragraphia, TBK Cabang Manado’, Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 4(2).
Riani, N.K. (2021) ‘Strategi peningkatan pelayanan publik’, Jurnal Inovasi Penelitian, 1(11), pp. 2443–2452.
Sudiantini, D., Atmaja, S. and Siregar, W. (2023) ‘PENGARUH MANAJEMEN SUMBERDAYA MANUSIA STRATEGI DAN MANAJEMEN TRANSFORMASI TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING’, Musytari: Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi, 1(1), pp. 40–50.
Sundari, S. et al. (2022) ‘Analisis Swot Dan Strategi Pemasaran Usaha Waralaba:(Studi Kasus Pada Cokelat Klasik Palangka Raya)’, Edunomics Journal, 3(1), pp. 1–10.
Suryatman, T.H., Kosim, M.E. and Samudra, G.E. (2021) ‘Perencanaan Strategi Pemasaran Dengan Analisis SWOT Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Sepatu Adidas Di PT. Panarub Industry’, Journal Industrial Manufacturing, 6(1), pp. 43–56.
Wamaer, I.S., Tumbel, A.L. and Soepeno, D. (2022) ‘Penerapan Analisis Swot Dalam Strategi Pemasaran Pt. Ivana Papua Cargo Express’, Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 10(1), pp. 809–817.
Widowati, I., Riany, D.A. and Andrianto, F. (2022) ANALISIS SWOT UNTUK PENGEMBANGAN BISNIS KULINER (STUDI KASUS PADA UMKM PAPAT SODARA FOOD PURWAKARTA). Purwakarta.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Rama Gita Suci, Fauziah Tiara Anggraini , Niken Nindika Sundayu, Roaina Amelia, Sahira Azzahra

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.