Faktor Yang Mempengaruhi Persepsi Mahasiswa Mengenai Praktik Creative Accounting Dengan Religiusitas Islami Sebagai Pemoderasi

Penulis

  • Desi Masrika Puspa Universitas Muhammadiyah Riau
  • Siti Rodiah Universitas Muhammadiyah Riau
  • Rama Gita Suci Universitas Muhammadiyah Riau

DOI:

https://doi.org/10.53494/jira.v10i2.410

Kata Kunci:

Pengetahuan Etika Profesi Akuntan, Orientasi Etis, Creative Accounting, Religiusitas Islami.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor- faktor yang mempengaruhi  persepsi mahasiswa akuntansi angkatan 2018-2022 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Riau mengenai Creative Accounting. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini ialah mahasiswa akuntansi angkatan 2018-2022 yang berada di Universitas Muhammadiyah Riau. Populasi penelitian ini sebanyak 640 mahasiswa, dan sampel penelitian ini sebanyak 314 responden dengan teknik pengambilan sampel yaitu teknik purposive sampling. Pengumpulan data penelitian ini dengan cara penyebaran kuesioner kepada responden melalui Google Form. Analisis data yang digunakan penelitian ini ialah uji statistik dekriptif, uji asumsi klasik dan uji hipotesis dengan alat bantu SPSS 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengetahuan etika profesi akuntan dan orientasi etis berpengaruh terhadap persepsi mahasiswa akuntansi mengenai praktik creative accounting. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa religiusitas islami memoderasi orientasi etis mengenai persepsi mahasiswa akuntansi mengenai praktik creative accounting. Sedangkan, religiusitas islami bukan variabel pemoderasi pengetahuan etika profesi akuntan mengenai persepsi mahasiswa akuntansi mengenai creative accounting.

Referensi

Abed, I. A., Hussin, N., Ali, M. A., Haddad, H., Shehadeh, M., & Hasan, E. F. (2022). Creative accounting determi-nants and financial reporting quality: systematic literature review. Risks, 10(4), 76. https://doi.org/10.3390/risks10040076

Abror, A., Patrisia, D., Trinanda, O., Omar, M. W., & Wardi, Y. (2021). Antecedents of word of mouth in Muslim-friendly tourism marketing: The role of religiosity. Journal of Islamic Marketing, 12(4), 882–899. https://doi.org/https://doi.org/10.1108/JIMA-01-2020-0006

Anggraini, D. T., & Aziza, N. A. (2022). Dapatkah Religiusitas Islami Memoderasi Pengaruh Sifat Machiavellian dan Pengetahuan Akuntansi terhadap Persepsi Praktik Creative Accounting?. Jurnal Akuntansi ldan lGovernance, l2(2), l76-93.

Arfan, lL. lI. l(2011). lAkuntansi lKeperilakuan, lcetakan lkedua. lJakarta: lSalemba lEmpat.

Asprilliadita lA., l& lAisyah, lM. lN. l(2019). lPengaruh Pengetahuan Etika, Religiusitas, Dan Sensitivitas Etis Terhadap Persepsi Mahasiswa Akuntansi Mengenai Praktik Creative Accounting. Jurnal Profita: Kajian Ilmu Akuntansi, 7(3).

Comunale, C., Thomas, S & Gara, lS. l(2006). lProfessional lEthical lCrises l: lA lCase lStudy lof lAccounting lMajors. lManagerial lAuditing lJournal, l21 l(6), l636 l– l656.

Fitria, lM., l& lSari, lV. lF. l(2014). lPengaruh lOrientasi lIdealisme, lRelativisme, lTingkat lPengetahuan lAkuntansi, lDan lGender lTerhadap lPersepsi lMahasiswa lAkuntansi lTentang lKrisis lEtika lAkuntan lProfesional l(Studi Empiris Mahasiswa Akuntansi Perguruan Tinggi di kota Padang). Wahana Riset Akuntansi, 2(1), 387-404.

Ghozali, I (2016). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23. Semarang. Penerbit Badan Universitas Diponegoro, vol.96.

Imaniar, W. A. (2022). Pengaruh Pengetahuan Etika Profesi Akuntan Dan Orientasi Etis Terhadap Persepsi Mahasiswa Akuntansi Mengenai Creative Accounting.Skripsi. Universitas Mulawarman. lSamarinda

Jaya, lI. lP., l& lSukirno. l(2020). lThe lEffect lof lReligiosity land lEthical lOrientation lon lPerceptions lof lUndergraduate lAccounting lStudents lon Creative Accounting. Jurnal Dinamika Akuntansi, 12(1), 68-76

Juliardi, D., Bavana, W., & Firdaus, M. I. (2019). Factors Affecting Students’ Perception about Creative Accounting. Advances in Business and Management Research, 124, 58- 67

Malik, A., Abumustafa, N. I., & Shah, H. (2019). Revisiting Creative Accounting in the Context of Islamic Economic and Finance System. Asian Social Science, 15(2), 80-89.

Michael, A. & Dixon, R. (2019) l‘Audit ldata lanalytics lof lunregulated lvoluntary ldisclosures land lauditing lexpectations lgap’, lInternational lJournal lof lDisclosure land lGovernance, l16(4), lpp. l188–205. ldoi: l10.1057/s41310-019-00065-x

Mulyadi. l(2014). lAuditing. lEdisi lkeenam. lJakarta: lSalemba lEmpat

Mutiarasari, K. R., & Julianto, I. P. (2020). Pengaruh Orientasi Etis, Gender, Dan Pengetahuan Kode Etik Akuntan Terhadap Persepsi Mahasiswa Akuntansi Mengenai Perilaku Tidak Etis Akuntan. Vokasi : Jurnal Riset Akuntansi, 9(2), 71.

Notoatmodjo, lS. l(2014). lPromosi lKesehatan ldan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Pamungkas, I. D. (2014). Pengaruh Religiusitas dan Rasionalisasi dalam Mencegah dan Mendeteksi Kecenderungan Kecurangan Akuntansi. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 15(2), 48-59.

Rahayu, N. D., Hartiyah, S., & Putranto, A. (2022). Pengaruh Etika Profesi Akuntan, Orientasi Etist, Tingkat Pengetahuan Akuntansi, Jenis Perguruan Tinggi Terhadap Persepsi Mahasiswa Mengenai Creative Accounting. Jamasy: Jurnal Akuntansi, Manajemen dan Perbankan Syariah, 2(6), 98-107.

Risela, Deska A. (2016). “Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Persepsi Etis Mahasiswa Akuntansi mengenai Praktik Akuntansi Kreatif di Perusahaan (Studi pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta).Skripsi. Yogyakarta.

Robbins. Stephen P. 2013. Perilaku Organisasi. Salemba Empat Edisi 16

Saputri, I., & Sari, R. C. (2018). Pengaruh Orientasi Etis, Gender, Dan Jenis Perguruan Tinggi Terhadap Persepsi Mahasiswa Akuntansi Mengenai Praktik Creative accounting. Jurnal Profita: Kajian Ilmu Akuntansi, 6(1)..

Scott, W. R. (2015). Financial accounting theory (Seventh). Canada: Pearson.

Sevi, D., Mulyati, S., & Kurniawan, A. (2021). The Effect Of Knowledge Of Ethics, Religiosity, Ethical Sensitivity, Ethical Orientation To Accounting Students Percepion Of Creative Accounting Practices. Accruals (Accounting Research Journal of Sutaatmadja). 5(1), 63-88. https://doi.org/10.35310/accruals.v5i01.685

Tambunan, B. H., & Silitonga, A. G. (2020). Pengaruh Pengetahuan Etika Profesi Akuntan Terhadap Persepsi Mahasiswa Akuntansi Mengenai Creative Accounting. Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis, 20(2), 247-255.

Tandiontong, M. (2016). Audit quality and its measure-ment. Jakarta, Indonesia: Alfabeta.

Valentia, T., & Susanty, lM. l(2021). lFaktor-Faktor lYang lMemengaruhi lPersepsi lWajib lPajak lTerhadap lTindakan lPenggelapan lPajak. lE-Jurnal lAkuntansi lTsm, l1(4), l335-348.

Valentine Rahajaan, Cinthia (2019). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Persepsi Mahasiswa Akuntansi Mengenai Creative accounting (Studi Kasus Mahasiswa Akuntansi Universitas Kristen Duta Wacana).Bachelor Thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

Virana, lIrna. l(2022). lCreative lAccounting: lLocus lOf lControl lDan lSensitivitas lEtis lDengan lReligiusitas lSebagai lVariabel lModerating l(Studi lPada lPerusahaan-Perusahaan lDi lKota lMakassar). lSkripsi. lUniversitas lIslam Negeri Alauddin Makassar

Wahidahwati & Asyik, Nur Fadjrih. (2022). Accounting, Corporate Governance & Business Ethics. Cogent Business & Management. ttps://doi.org/10.1080/23311975.2022.2130165

Weiner, B. (2008). Reflections on the history of attribution theory and research: People, personalities, publica-tions, problems. Social Psychology, 39(3), 151. https:// doi.org/10.1027/1864-9335.39.3.151

Yasin, L., Anggraini, D., & Wulandari, E. (2023, May). Pengaruh Pengetahuan Etika Profesi Akuntan Terhadap Persepsi Mahasiswa Mengenai Praktik Creative Accounting. In Seminar Nasional Pariwisata dan Kewirausahaan (SNPK) (Vol. 2, pp. 691-698).

Unduhan

Diterbitkan

2024-10-31

Cara Mengutip

Masrika Puspa, D., Rodiah, S., & Suci, R. G. (2024). Faktor Yang Mempengaruhi Persepsi Mahasiswa Mengenai Praktik Creative Accounting Dengan Religiusitas Islami Sebagai Pemoderasi. Jurnal Ilmiah Raflesia Akuntansi, 10(2), 188–201. https://doi.org/10.53494/jira.v10i2.410