Analisis Strategi Pemasaran Bank Perekonomian Rakyat Dalam Menghadapi Persaingan Digital

Penulis

  • Rezario Febrianta Chandra STIE Pembangunan Tanjungpinang
  • Christina Tanly STIE Pembangunan Tanjung Pinang
  • Eric Setiawan STIE Pembangunan Tanjung Pinang
  • Fiona STIE Pembangunan Tanjung Pinang
  • Jeri Rifandi STIE Pembangunan Tanjung Pinang
  • Johan Syaputra STIE Pembangunan Tanjung Pinang
  • Angerlo STIE Pembangunan Tanjung Pinang

DOI:

https://doi.org/10.53494/jira.v10i2.720

Kata Kunci:

Bank Perekonomian Rakyat, Strategi Pemasaran, Digitalisasi, Persaingan Digital

Abstrak

Perkembangan digitalisasi zaman kini telah menjadi sebuah tantangan sekaligus peluang bagi berbagai jenis usaha di Indonesia, tidak terkecuali pada bisnis perbankan khususnya Bank Perekonomian Rakyat (BPR). Bank Perekonomian Rakyat merupakan suatu organisasi atau lembaga keuangan yang menjalankan aktivitas usahanya secara konvensional atau menggunakan prinsip syariah, yang berfokus dalam pemberian kredit kepada masyarakat, terutama dalam sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana strategi pemasaran BPR dalam menghadapi persaingan digital, khususnya yang berada di wilayah kota Tanjungpinang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumen. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa beberapa BPR di wilayah kota Tanjungpinang telah menerapkan strategi diferensiasi produk, peningkatan layanan berbasis teknologi, inovasi strategi pemasaran melalui platform digital, dan kolaborasi dengan platform digital untuk mempertahankan daya saing. Namun, kendala seperti keterbatasan infrastruktur teknologi dan literasi digital nasabah menjadi tantangan yang utama bagi beberapa BPR yang menjadi subjek pada penelitian ini. Penelitian ini merekomendasikan peningkatan edukasi digital bagi nasabah dan investasi teknologi untuk mendukung keberlanjutan usaha.

Referensi

Aji Yudha, & Rachma Safira Setyaningrum. (2024). Dampak Pemasaran Digital terhadap Pertumbuhan Kredit Perbankan (Studi Pada PT BPR BKK Lasem Cabang Rembang). Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 3, 893–901.

Fadeli Anwar, & Gairah Sinulingga. (2022). Membuka Peluang di Tengah Tantangan: Analisis Kesiapan Bank Perkreditan Rakyat (BPR) dalam Berkompetisi dengan Bank Digital di Era Fintech. 49–59.

Ivanka Mira Nur Aini, & M Ruslianor Maika. (2022). Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Lantabur Tebuireng Sidoarjo. SYARIKAT : Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah, 5, 128–142.

Satrio Ronggo, Lastuti Abubakar, & Tri Handayani. (2022). KESIAPAN PERBANKAN MENUJU TRANSFORMASI DIGITAL PASCA PANDEMI COVID-19 MELALUI FINANCIAL TECHNOLOGY (FINTECH). JURNAL POROS HUKUM PADJADJARAN, 228–241.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D (Cet. 21). Alfabeta.

Ummi Kalsum Susanty, & Tona Aurora Lubis. (2023). STRATEGI PEMASARAN PRODUK PADA BANK PERKREDITAN RAKYAT TERHADAP KINERJA SELAMA PANDEMI. Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan (Mankeu), 12, 129–142.

Vina Islami, Rani, & Syahrir. (2022). Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Kompetitif Pada BPR Rama Ganda. Journal of Business and Economics Research (JBE), 3, 382–387.

Unduhan

Diterbitkan

2024-10-31

Cara Mengutip

Chandra, R. F., Tanly, C. ., Setiawan, E., Fiona, F., Rifandi, J. ., Syaputra, J. ., & Angerlo, A. (2024). Analisis Strategi Pemasaran Bank Perekonomian Rakyat Dalam Menghadapi Persaingan Digital . Jurnal Ilmiah Raflesia Akuntansi, 10(2), 1076–1081. https://doi.org/10.53494/jira.v10i2.720