Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor di Kota Solok
DOI:
https://doi.org/10.53494/jira.v11i1.822Kata Kunci:
Pengetahuan Perpajakan, Kesadaran Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan, Sanksi Pajak dan Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan BermotorAbstrak
The aim of this research is to determine the effect of administrative sanctions, tax socialization, and service quality on motor vehicle taxpayer compliance. This type of research is quantitative research to determine the influence of Tax Knowledge (X1), Taxpayer Awareness (X2), Service Quality (X3), and Tax Sanctions (X4) on Motor Vehicle Taxpayer Compliance (Y). The population in this study were taxpayers registered at the Solok City SAMSAT Office in 2020-2023 and the sample in this study used the Slovin formula, namely 100 motor vehicle taxpayers. The test results show that Tax Knowledge influences Motor Vehicle Taxpayer Compliance because it has a calculated t value of 2.126 > t table 1.985 with a significance of 0.036 < 0.05, Taxpayer Awareness influences Motor Vehicle Taxpayer Compliance because the calculated t value is 2.160 > t table 1.985 with a significance of 0.033 < 0.05, quality Tax Services have no effect on Motor Vehicle Taxpayer Compliance because the t value is 1.462 < t table 1.985 with a significance of 0.147 > 0.05, and Tax Sanctions have no effect on Motor Vehicle Taxpayer Compliance because the t value is 1.879 < t table 1.985 with a significance of 0.063 > 0.05.
Referensi
Agustin, N. S., & Putra, R. E. (2019). Pengaruh Kesadaran Masyarakat, Sanksi Perpajakan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Kendaraan Bermotor Pada Samsat Kota Batam. Measurement : Jurnal Akuntansi, 13(1), 55. https://doi.org/10.33373/mja.v13i1.1833
Amri, H., & Syahfitri, D. I. (2020). Pengaruh Pengetahuan Perpajakan, Sosialisasi Perpajakan, Kesadaran Pajak, dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Kendaraan Bermotor di Kabupaten Sumbawa. Journal of Accounting, Finance and Auditing, 2(2), 108–118. http://jurnal.uts.ac.id/index.php/jafa/article/view/542
Apriliyani, L. H. (2022). Pengaruh Sosisal, pengetahuan, sanksi dan kualitas pelayanan terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor. 1(2), 65–74.
AR, K., Bakar, A., & Haryanto. (2019). analisis pengaruh kualitas pelayanan pajak, sanksi perpajakan, dan kesadaran wajib pajak terhadap kepatuhan wajib pajak dalam membayar pajak kendaraan bermotor pada samsat balaraja banten.
Awaloedin, D. T., Indriyanto, E., & Meldiyani, L. (2021). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Tarif Pajak dan Pelayanan Fiskus Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan bermotor (Studi Pada Wajib Pajak Kendaraan Bermotor di Samsat Kec. Pasar Minggu Jakarta Selatan). Populis : Jurnal Sosial Dan Humaniora, 5(2), 217. https://doi.org/10.47313/pjsh.v5i2.950
Ayuni, Manafe, A. H., & Perseveranda, M. . (2023). Pengaruh Kasadaran Wajib Pajak, Pengetahuan Wajib Pajak, Sanksi Pajak, dan Tax Amnesty Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor (Kajian Studi Literatur Manajemen Keuangan Daerah). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan (JIMT), 5(1), 1–8. https://dinastirev.org/JIMT/article/view/1652/993
Barlan, A. R., Mursalim Laekkeng, & Ratna Sari. (2021). Pengaruh Sanksi Perpajakan, Tingkat Pendapatan, Dan Pengetahuan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Di Kantor Samsat Kabupaten Polewali Mandar. Jurnal Adz-Dzahab: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 6(2), 168–178. https://doi.org/10.47435/adz-dzahab.v6i2.698
Cindy, J., & Yenni, M. (2018). Pengaruh kesadaran wajib pajak, kualitas pelayanan fiskus , sanksi perpajakan, lingkungan wajib pajak berada terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi di Surabaya. Tax & Accounting Review, 1, 51.
Eman Hormati, C., Kewo, C., & Wuryaningrat, N. F. (2021). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor di Kantor SAMSAT Kota Tomohon. Jurnal Akuntansi Manado (JAIM), 2(1), 98–104. https://doi.org/10.53682/jaim.v2i1.532
Ernita, D., & Harahap, E. F. (2023). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak Pengetahun Pajak Dan Kualitas Layanan Fiskus Dan Sanksi Pajak Terhapad Kepatuhan Wajib Pajak Kedaraan Bermotor Di Kota Sungai Penuh. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi), 9(3), 916–929. https://doi.org/10.35870/jemsi.v9i3.1210
Hartopo, A., Masitoh, E., & Siddi, P. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan, Kesadaran Pajak, Pemeriksaan Pajak, Pengetahuan Pajak Dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Di Kecamatan Delanggu. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Manajemen, 16(2), 50–56. https://doi.org/10.31599/jiam.v16i2.394
Hidayat, Imam SE, M., & Maulana, L. (2022). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Sanksi Pajak, Dan Kualitas Pelayanan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor di Kota Tangerang. Bongaya Journal for Research in Accounting (BJRA), 5(1), 11–35. https://doi.org/10.37888/bjra.v5i1.322
Karlina, U. W., & Ethika, M. H. (2020). Pengaruh Pengetahuan Wajib Pajak, Kesadaran Wajib Pajak, dan Sanksi Perpajakan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor. Jurnal Kajian Akuntansi Dan Auditing, 15(2), 143–154. https://doi.org/10.37301/jkaa.v15i2.30
Komala, E. (2023). Analisis Pengaruh Sanksi Pajak, Lingkungan Sosial, Tingkat Pendidikan, dan Tingkat Pendapatan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi dalam Membayar Pajak Kendaraan Bermotor di Kabupaten Tangerang. Prosiding: Ekonomi Dan Bisnis, 3(2).
Malau, Y. N., Gaol, T. L., Giawa, E. N., & Juwita, C. (2021). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Pengetahuan Pajak, Sanksi Pajak Dan Pelayanan Fiskus Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor di Kota Medan. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 5(2), 551. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v5i2.414
Rahmatika, K., & Salim, N. (2021). Analisis Pengaruh Tarif Pajak, Sanksi Pajak, Sosialisasi Pajak dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor di Jepara. Jurnal Rekognisi Akuntansi, 5(1), 54–70. https://journal.unisnu.ac.id/jra/article/view/180%0Ahttps://journal.unisnu.ac.id/jra/article/download/180/115
Ridhawati, R., Lesmanawati, D., & Lufty, A. P. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Kendaraan Bermotor Di Uppd Banjarmasin 1. Dinamika Ekonomi - Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 15(1), 37–48. https://doi.org/10.53651/jdeb.v15i1.363
Ringan, A. Y. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Membayar Pajak Kendaraan Bermotor (Studi pada Samsat Konawe). Jurnal Economina, 2(7), 1699–1718. https://doi.org/10.55681/economina.v2i7.667
Rismayanti, N. W. I. (2021). Pengaruh Kewajiban Moral, Sosialisasi Perpajakan, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor(studi kasus pada kantor bersama samsat tabanan). Hita Akuntansi Dan Keuangan, 2(3), 234–251. https://doi.org/10.32795/hak.v2i3.1811
Safina Fatmawati, S. W. A. (2022). Pengaruh Kesadaran Pajak, Kualitas Pelayanan Fiskus, Tingkat Pemahaman Pajak, Tingkat Pendapatan Dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Kendaran Bermotor. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(1), 883–89909.
Sari, D. P. (2022). Analisi Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak kendaraan Bermotor.
Setyaningrum, N. F. P., & Ardini, L. (2023). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan, Dan Sistem Samsat Drive Thru Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Bermotor.(Studi pada samsat surabaya). Jurnal Ilmu Dan …. http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jira/article/view/5119%0Ahttp://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jira/article/download/5119/5135
Setyaningsih, E. D., & Amelia, D. R. (2022). Pengaruh Sosialisasi Perpajakan dan kesadaran Wajib Pajak Terhadap kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Kabupaten Bandung Barat. Hartanti Ratiyah Dyah, Eka Amelia, Dilla Rizky, 9(1), 23–28.
Sista, N. P. A. (2019). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan Pajak, Kewajiban Moral, dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor di Kantor SAMSAT Gianyar. Jurnal Sains, Akuntansi Dan Manajemen, 1(1), 142–179. http://www.journals.segce.com/index.php/JSAM/article/view/26/27
Sudaryana, B., & Agusiady, R. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Deepublish.
Wardani, D. K., & Rumiyatun. (2019). Pengaruh Pengetahuan Wajib Pajak, Kesadaran Wajib Pajak, Sanksi Pajak Kendaraan Bermotor, Dan Sistem Samsat Drive Thru Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor. Jurnal Akuntansi, 5(1), 15. https://doi.org/10.24964/ja.v5i1.253
Widajantie, T. D., Ratnawati, D., Thamrin, T., & Arifin, M. H. (2019). Pengaruh Kesadaran Pajak, Pengetahuan Pajak, Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor (Studi Kasus Kantor Bersama Samsat Surabaya Selatan). Behavioral Accounting Journal, 2(1), 41–53. https://doi.org/10.33005/baj.v2i1.38
Widiastuti, S. A., Hernawati, R. I., Pamungkas, I. D., & Purwantoro. (2024). Pengaruh Pengetahuan Wajib Pajak, Kesadaran Wajib Pajak, dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor di Kota Demak. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi), 10(1), 289–300. https://doi.org/10.35870/jemsi.v10i1.1929
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Witra Maison, Rita Dwi Putri, Abdul Azis

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.