Pengaruh Persepsi Kemanfaatan, Risiko, Efektifitas Terhadap Minat Menggunakan Fintech Sebagai Alat Pembayaran Pada Cafe dan Resto di Kota Solok

Penulis

  • Larasati Rahmadani Universitas Mahaputra Muhammad Yamin
  • Rita Dwi Putri Universitas Mahaputra Muhammad Yamin Solok
  • Siska Yulia Defitri Universitas Mahaputra Muhammad Yamin Solok

DOI:

https://doi.org/10.53494/jira.v11i1.873

Kata Kunci:

Perception of Benefits, Risk, Effectiveness, Interest In Using Fintech as a Payment Tool

Abstrak

The Adoption of financial technology (fintech) in cafes and restaurants is very important to increase operational efficiency. This research aims to examine the influence of perceptions of usefulness, risk and effectiveness on interest in using fintech as a means of payment. With a quantitative approach, data was collected from 124 respondents through a structured survey and analyzed using Partial Least Squares (SmartPLS 3.0). The research results show that perceptions of usefulness, risk, and effectiveness significantly influence interest in using fintech. These results have practical implications for small businesses and policy makers to encourage the adoption of digital payments in local economies.

Referensi

Ajzen, I., & Fishbein, M. (1987). Understanding Attitudes and Predicting Social Behavior. Englewood Cliffs: Prentice-Hall.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian. Rineka Cipta.

Arner, D. W., Barberis, J., & Buckley, R. P. (2017). Fintech, Regtech, and the Reconceptualization of Financial Regulation. University of Hong Kong.

Asri, H. R., Setyarini, E., & Gisijanto, H. A. (2022). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Persepsi Risiko, dan Kepercayaan Terhadap Minat Penggunaan Peer to Lending. JUKIM : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(3), 1–9.

Bahri, S. (2018). Metode Penelitian Bisnis . ANDI

Bimaniar, I. M., Mawarni, A., Agushybana, F., & Dharmawan, Y. (2018). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan dan Persepsi Kemanfaatan Dengan Niat Untuk Menggunakan Sistem Informasi Manajemen Surveillance Kesehatan Ibu dan Anak. JKM: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 6(5), 209–215.

Brahanta, G. P., & Wardhani, N. I. K. (2021). Pengaruh Persepsi Kebermanfaatan, Kemudahan, Risiko Terhadap Minat Menggunakan Ulang Shopeepay di Surabaya. Jurnal Sains Manajemen, 7(2), 97–108.

Camallia, P. I. (2022). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Efektivitas, dan Risiko Terhadap Minat Bertransaksi Menggunakan Financial Technology (Fintech) dalam Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Ekonomi Islam.

Davis, F. D., Bagozzi, R. P., & Warshaw, P. R. (1989). User Acceptance of Computer Technology: A Comparison of Two Theoretical Models. Management Science, 35(8), 982–1003.

Destriani Lombu, Jernih Mawati Waruwu, Nirwana Br. Bangun, & Yochi Elanda. (2023). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Efektivitas, dan Risiko Terhadap Minat Bertransaksi Menggunakan Financial Technology (Fintech) dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening pada Masyarakat Kelurahan Teladan Barat, Kota Medan. Jurnal Manajemen Fintech dan UMKM, 4(3), 200–215.

Duryadi, D. (2021). Metode Penelitian Ilmiah Metode Penelitian Empiris Model Path Analysis dan Analisis SmartPLS. . Yayasan Prima Agus Teknik.

Faisal Rafli. (2025). Pengaruh Kemanfaatan, Kepuasan dan Risiko QRIS sebagai Alat Pembayaran Digital Terhadap Minat Transaksi Coffee Shop di Harapan Indah, Kota Bekasi. Jurnal Keuangan Digital.

Falah, M. N., & Puspaningrum, A. (2022). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Persepsi Kepercayaan, dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Menggunakan Kembali Shopeepay di Kota Malang Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Manajemen Bisnis, 1(1), 1–18.

Farizi, H., & Syaefullah. (2018). Pengaruh Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, Persepsi Risiko dan Kepercayaan terhadap Minat Menggunakan Internet Banking. Jurnal Penelitian Manajemen Bisnis, 1(1), 1–18.

Fatma Nasir. (2021). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Efektivitas, dan Risiko Terhadap Minat Bertransaksi Menggunakan Aplikasi OVO (Studi pada Mahasiswa S1 Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa). Jurnal Manajemen Keuangan Digital, 6(2), 89–102.

Febriyani, D. A. (2018). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan dan Persepsi Kemanfaatan Terhadap Minat Beli Online Pada Mahasiswa UST Yogyakarta Pengguna Zalora. Jurnal Ekobis Dewantara, 1(11), 10–19.

Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Partial Least Squares Konsep Teknik dan Aplikasi dengan Program Smart PLS 3.0. Universitas Diponegoro Semarang.

Handayani, S., & Saputera, S. A. (2019). Pengaruh Persepsi Kemudahan dan Persepsi Kemanfaatan Terhadap Penggunaan Sistem KKN Online dengan Pendekatan TAM. JTIS, 2(2), 53–58.

Hardani. (2020). Metode penelitian kualitatif & kuantitatif (1st ed.). Pustaka Ilmu.

Hery, S. (2015). Analisis Risiko Keuangan. Jakarta: Salemba Empat.

HS, R., & Hilmiati. (2021). Pengaruh Persepsi Kemanfaatan dan Persepsi Kemudahan Penggunaan Terhadap Penggunaan Layanan Aplikasi Gofood. Jurnal Distribusi, 9(1), 87–98.

Inayah, R. (2020). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Kemanfaatan, dan Promosi Terhadap Minat Penggunaan Uang Elektronik Pada Masyarakat (Studi Kasus di Wilayah Kota Purwokerto). In Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Purwokerto.

Jogiyanto, H. M. (2007). Sistem Informasi: Keperilakuan. Yogyakarta: Andi.

Khoirunnisa, R. (2023). Pengaruh Efektivitas Sistem Pembayaran Digital Terhadap Minat Penggunaan Fintech pada UMKM. Jurnal Bisnis Digital.

Kristianti, M. L., & Pambudi, R. (2020). Analisis Pengaruh Persepsi Kemudahan, Persepsi Kemanfaatan, Persepsi Tingkat Keamanan, dan

Lailatul Mukaromah, Abu Shama, Munandar, & EE Zurmansyah. (2023). Peran dan Dampak Penggunaan Inovasi Financial Technology (Fintech) Dalam Pengembangan Usaha Coffee Shop di Kecamatan Sambas. Jurnal Inovasi Keuangan UMKM.

Martineli, I. (2021). Menilik Financial Technology Dalam Bidang Perbankan. Jurnal Somasi Sosial Humaniora Komunikasi, 2(1), 32–43.

Maulida Swara Mahardika, et al. (2021). Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Keamanan dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Penggunaan Financial Technology (Fintech) Payment LinkAja Syariah. Jurnal Fintech Syariah, 5(1), 100–115.

Mawa, S. F., & Cahyadi, I. F. (2021). Pengaruh Harga, Online Customer Review dan Rating Terhadap Minat Beli di Lazada (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Kudus Angkatan 2017). BISNIS : Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam, 9(2), 253. https://doi.org/10.21043/bisnis.v9i2.11901

Nurdin, N., Azizah, W. N., & Rusli, R. (2020). Pengaruh Pengetahuan, Kemudahan Dan Risiko Terhadap Minat Bertransaksi Menggunakan Finansial Technology (Fintech) Pada Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu. Jurnal Perbankan Dan Keuangan Syariah, 2(2), 199–222.

Paramita, R., Rizal, N., & Sulistyan, R. B. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif : Buku Ajar Perkuliahan Metodologi Penelitian Bagi Mahasiswa Akuntansi & Manajemen (3rd ed.). Widya Gama Press.

Penggunaan Fintech pada UMKM dengan Menggunakan Teknologi Acceptance Model (TAM). Jurnal Akuntansi Dan Manajemen Akmenika, 16(1), 175–186.

Purnama Ardian, R. Gatot Heru Pranjoto, & Samsuki. (2023). Pengaruh Kemudahan, Kemanfaatan dan Risiko Terhadap Minat Penggunaan Financial Technology pada Pembayaran Digital Pariwisata di Kabupaten Sumenep. Jurnal Pariwisata Digital.

Putri Infita Camallia. (2022). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Efektivitas, dan Risiko Terhadap Minat Bertransaksi Menggunakan Financial Technology (Fintech) Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Ekonomi Syariah dan Fintech, 10(2), 150–165.

Putri, R., & Siregar, Q. R. (2022). Pengaruh Pengetahuan Keuangan, Sikap Keuangan Dan Literasi Keuangan terhadap Perilaku Manajemen Keuangan Pada Pelaku UMKM Ayam Penyet Di Desa Laut Dendang. JURNAL AKMAMI : Jurnal Akuntansi, Manajemen, Ekonomi, 3(3), 580–592.

Rafli, F. (2025). Pengaruh Kemanfaatan, Kepuasan, dan Risiko QRIS sebagai Alat Pembayaran Digital terhadap Minat Transaksi Coffee Shop di Harapan Indah, Kota Bekasi. Jurnal Keuangan Digital.

Ramdhan, M. (2021). Metode Penelitian. Cipta Media Nusantara.

Reconceptualization of Financial Regulation, University of Hong Kong.

Reza Dea Amalia & Anissa Hakim Purwantini. (2021). Investigasi Niat Penggunaan Financial Technology Payment bagi Usaha Mikro Kecil Menengah. Jurnal Inovasi dan Teknologi Keuangan, 3(3), 210–230.

Saksonova, S., & Kuzmina-Merlino, I. (2017). Fintech as financial innovation - The possibilities and problems of implementation. European Research Studies Journal, 20(3), 961–973. https://doi.org/10.35808/ersj/757.

Saputri, S. W., & Siregar, Q. R. (2023). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Efektivitas, dan Risiko terhadap Minat Bertransaksi Menggunakan Financial Technology. Jurnal Manajemen Keuangan, 5(2), 123–134.

Sri Wahyuni Saputri & Qahfi Romula Siregar. (2023). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Efektivitas, dan Risiko Terhadap Minat Bertransaksi Menggunakan Financial Technology. Jurnal Manajemen Teknologi Keuangan, 5(2), 123–134.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta.

Sultan Rivaldi & Dinaroe. (2022). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Penggunaan Fintech pada UMKM di Kota Banda Aceh Menggunakan Pendekatan TAM. Jurnal Ekonomi dan Manajemen Digital, 7(4), 322–337.

Suyanto, & Kurniawan, T. A. (2019). Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Kepercayaan

Technology: A Comparison of Two Theoretical Models. Management Science, 35(8), 982–1003.

Winarto, S. (2020). Peran Fintech dalam Mendukung UMKM di Era Digital. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Digital.

Yuliana. (2023). Pengaruh Persepsi Kemudahan Menggunakan, Persepsi Kemanfaatan, dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Penggunaan Fintech pada Coffee Shop Kota Surakarta. Jurnal Ekonomi Digital, 8(1), 45–59.

Unduhan

Diterbitkan

2025-04-24

Cara Mengutip

Rahmadani, L., Putri, R. D. ., & Defitri, S. Y. (2025). Pengaruh Persepsi Kemanfaatan, Risiko, Efektifitas Terhadap Minat Menggunakan Fintech Sebagai Alat Pembayaran Pada Cafe dan Resto di Kota Solok. Jurnal Ilmiah Raflesia Akuntansi, 11(1), 387–407. https://doi.org/10.53494/jira.v11i1.873