Analisis Dampak Kehadiran Pertashop Pada Penjualan Bensin Eceran Di Warung Kelontong Di Kecamatan Trenggalek, Kabupaten Trenggalek

Penulis

  • Fitri Erna Muslikah Universitas Kediri
  • Nurlaely Universitas Kediri
  • Budi Rahayu Universitas Kediri
  • Enni Sustiyatik Universitas Kediri

DOI:

https://doi.org/10.53494/jira.v9i1.495

Kata Kunci:

sales, Competiton, UMKM

Abstrak

— This study aims to determine the impact of the presence of Pertashop retail outlets on the sales of gasoline at local convenience stores in Trenggalek District, as well as the factors and strategies implemented in response to these changes. This research is a descriptive qualitative study. Field data indicate that the presence of Pertashop has a negative impact (viewed as competition) on convenience stores as micro-enterprises (UMKM) located within 1 kilometer of Pertashop. On the other hand, convenience stores located more than 1 kilometer away view Pertashop positively, as it becomes a source for purchasing Pertamax gasoline in bulk. However, overall sales changes are mainly influenced by the general increase in gasoline prices (leading Pertamax users to switch to cheaper gasoline) and the occurrence of major events in the surrounding area. To cope with these changes, the most common strategy is to display gasoline racks at the front (roadside) to make them easily visible from the road. Most stores have already put up signs indicating they sell gasoline, but offering various sizes and providing lighting is still not widely adopted by these business owners.

Referensi

Adhandayani, Amalia. (2020). Penentuan Subjek dan Sumber Data. Jakarta: Universitas Esa Unggul.

Albana, Hasan. (2021). Dampak Keberadaan Minimarket Terhadap Pendapatan Usaha Mikro di Kecamatan Serang – Skripsi. Serang: Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

Amalia, Fitri. (2016). Etika Bisnis Islam: Konsep dan Implementasi pada Pelaku Usaha Kecil – Jurnal Al-Iqtishad Vol.6 No.1 Mei 2016. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Trenggalek. (2021). Kecamatan Trenggalek dalam Angka 2021.

CNBC Indonesia Online, 18 Januari 2021. Anisatul Umah. https://cnbcindonesia.com/news/20210118145852-4-216880/konsumsi-bbm-ri-di-2021-diperkirakan-naik-ke-7527-juta-kl diakses pada 12 Agustus 2022 pukul 16:47 WIB.

CNBC Indonesia Online, 09 Juni 2022. Verda Nano Setiawan. https://www.cnbcindonesia.com/news/2022060913303-4-345685/catat-spbu-pertashop-terkini-sudah-ada-5000-an-unit/amp diakses pada tanggal 12 Agustus 2022 pukul 17.31 WIB.

Dana, I Gede; Suci, Ni Made. (2021). Analisis Faktor-faktor yang Menjelaskan Penurunan Penjualan Produk BUMDes di Kabupaten Karangasem – Dalam Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Humanika Vol. 11 No. 3 Tahun 2021. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha Bali.

Farida I, Aryanto, Sunandar. (2020). Strategi Pemberdayaan Pengecer dan penjual Tradisional dalam Meningkatkan Daya Saing terhadap Pasar Modern di Wilayah Tegal. Jurnal Online Insan Akuntan, Vol. 5 (1): 27-40. Tegal: Politeknik Harapan Bersama.

Hastuti, Puji; dkk. (2020). Kewirausahan dan UMKM. Medan: Penerbit Yayasan Kita Menulis.

Irhamni, dkk. (2022). Definisi, Kriteria, dan Konsep UMKM. Makassar: UIN Alauddin.

Januarwati, Rita; Poernomo, Eddy. (2014). Analisis Strategi Bisnis Usaha Mikro, Kecil, Menengah Toko Bunga “Cindy” di Jalan Kayoon Utara Nomor 12 Gentengkali, Surabaya – Jurnal Bisnis Indonesia Vol.5 No.2 Tahun 2014. Surabaya: UPN Veteran.

Kanzunnudin, Mohammad. (2009). Konsep Penjualan Versus Konsep Pemasaran – Jurnal Fokus Ekonomi Vol.4 No.2 Desember 2009. Semarang: STIEPARI Semarang.

Kata Data Online, 26 Oktober 2021. Verda Nano Setiawan dan Rezza Aji Pratama.

https://katadata.co.id/amp/rezzaaji/berita/61776d156db13/konsumsi-bbmmasyarakat-dan-industri-meningkat-imbas-pelonggaran-ppkm diakses pda tanggal 12 Agustus 2022 pukul 16:22 WIB.

Khotimah, Lala Ratu, dkk. (2022). Eksistensi Pertashop terhadap Kesejahteraan Masyarakat di Kecamatan Ulujami Kabupaten Pemalang – Dalam Jurnal Sahmiyya Vol. 1 No. 1 Tahun 2022. Pekalongan: Institut Agama Islam Negeri Pekalongan.

Kumorotomo, Wahyudi. (1992). Etika Administrasi Negara. Jakarta: Rajawali Pers.

Kuncoro, Mudrajad. (2000). Usaha Kecil di Indonesia: Profil, Masalah, dan Strategi Pemberdayaan. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Kurniawan, Rahmat. (2019). Analisis Dampak Toko Modern Terhadap Usaha Mikro Kecil Menengah di Kota Padangsidimpuan – Tesis. Medan: Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Maheswara, Anak Agung Ngurah Gede; dkk. (2016). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pendapatan UMKM Sektor Perdagangan di Kota Denpasar –Jurnal. Denpasar: E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana.

Marwanto, I. G. G. H., Rahmadi, A. N., & Yap, N. (2023). Evaluation of Micro, Small And Medium Enterprises (MSMES) Financing Policies For MSME Actors In Yogyakarta. Return: Study of Management, Economic and Bussines, 2(5), 456-462.

Manik, Cornelia Dumarya. (2015). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Promosi Terhadap Tingkat Penjualan: Studi Pada Perumahan Serpong Garden. Pamulang: Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang Vol. 3, No.1.

Miranti. (2019). Skripsi Analisis Dampak Kehadiran Minimarket Terhadap Omset Pedagang Warung Kelontong di Jalan Manuruki Makassar. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Nasuka, Moh. (2012). Etika Penjualan dalam Perspektif Islam – Jurnal Muqtasid Volume 3 Nomor 1 Tahun 2012. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.

Peraturan Pemerintah Daerah Kabupaten Trenggalek Nomor 6 Tahun 2019 Tentang Usaha Mikro.

Riska. (2017). Analisis Motivasi Belanja Konsumen Minimarket dan Warung Kelontong dalam Perspektif Islam (Studi di Kelurahan Bulurokeng Kota Makassar). Makassar: UIN Alauddin.

Sumartini, Lilis Cucu; Tias, Dini Fajriany. (2019). Analisis Kepuasan Konsumen untuk Meningkatkan Volume Penjualan Kedai Kopi Kala Senja. Bogor: Jurnal E-BIS Vol.3 No.2 Akademi Teknologi Bogor.

Tempo Nasional Online, 22 Maret 2022. Oleh Tim Editor. https://nasional.tempo.co/amp/1572902/lestarikan-alat-transportasi-kuno-mas-dhito-tampilkan-parade-cikar diakses pada tanggal 12 Agustus 2022 pukul 15:36 WIB.

Triwidyati, E. ., YAP, N. ., Pangastuti, RL., Nurjanah, S. ., & Febiola, E. . (2024). PELATIHAN STRATEGI BRANDING DALAM MENINGKATKAN OMSET PENJUALAN PRODUK INDUSTRI RUMAH TANGGA DI PERUMAHAN TUGUREJO. Jurnal Pengembangan Masyarakat : Jurnal Pengabdian Masyarakat , 5 (1), 25–28. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.23997

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah.

Wahida. (2021). Etika Penjualan dalam Perspektif Islam – Jurnal Al-Ilmu Vol.6 No.1 Tahun 2021. Aceh Singkil: Sekolah Tinggi Agama Islam Syekh Abdur Rauf (STAISAR).

Website Resmi Pertamina, Copyright 2022. Admin Pertamina. https://kemitraan.pertamina.com/dashboard/info/pertashop.html diakses pada 12 Agustus 2022 pukul 17:35 WIB.

Website Resmi Pertamina, Copyright 2022. Admin mypertamina. https://mypertamina.id/list-pertashop diakses pada 12 Agustus 2022 pukul 17.40 WIB

Yefta Teddy Jonatan, Wahyu Dede Gustiawan, & M. Dian Ruhamak. (2023). Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Produk Kirunmakarun Melalui Pemasaran Instagram. Prosiding ADRI International Conference on Multidisciplinary Research , 1 (1), 367–372. Diperoleh dari https://prosiding.p-adri.or.id/index.php/icadri/article/view/70

Unduhan

Diterbitkan

2023-04-30

Cara Mengutip

Muslikah, F. E., Nurlaely, N., Rahayu, B., & Sustiyatik, E. (2023). Analisis Dampak Kehadiran Pertashop Pada Penjualan Bensin Eceran Di Warung Kelontong Di Kecamatan Trenggalek, Kabupaten Trenggalek. Jurnal Ilmiah Raflesia Akuntansi, 9(1), 97–117. https://doi.org/10.53494/jira.v9i1.495

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama